detikNews
2019/09/21 17:53:03 WIB

Pemilik Rumah Tua di Tengah Apartemen Jakpus Keluhkan Sulit Dapat Air Bersih

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemilik Rumah Tua di Tengah Apartemen Jakpus Keluhkan Sulit Dapat Air Bersih Foto: Penampakan rumah tua di kawasan Thamrin Executive Residence. (Audrey Santoso-detikcom)
Jakarta - Lieus (58), pemilik rumah tua yang berada di dalam area Apartemen Thamrin Executive Residence, Jakarta Pusat, mengeluh soal air bersih. Dia menceritakan semenjak apartemen beroperasi, dia mengalami krisis air bersih.

"Sekarang mah nggak ada air. Kita ambil (air) di luar," keluh Lieus saat ditemui detikcom di rumahnya, area Apartemen Thamrin Executive Residence, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu (21/9/2019)


Lieus mengaku merogoh lebih dari Rp 100 ribu perhari untuk mendapatkan 25 galon air bersih. Puluhan galon tersebut dibawanya seorang diri menggunakan motor dari tempat agen pengisian ulang air.

"Tiap hari saya beli 25 galon, angkat sendiri, kan sakit. Setiap hari keluar Rp 100 ribu lebih untuk air bersih. Air saja modalnya sehari Rp 100 ribu lebih, air doang itu. Belum listriknya," cerita Lieus.

"Harus bolak-balik ke tempat isi ulangnya. Sekali jalan biasanya bisa bawa 5 galon naik motor," sambung dia.

Pantauan detikcom, akses masuk rumah Lieus dari apartemen harus melewati jalan setapak menurun. Jalan itu terbuat dari semen sepanjang sekitar 3 meter dengan lebar sekitar setengah meter dan curam.

"Angkat galon sendiri. Makanya kalau hujan, jalan licin, kita tinggal jatuh sampai punggung saya sakit," tutur dia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com