detikNews
Sabtu 21 September 2019, 17:18 WIB

Soal Rumah Tua di Kompleks Apartemen, Pengelola: Penghuni Tak Terganggu

Audrey Santoso - detikNews
Soal Rumah Tua di Kompleks Apartemen, Pengelola: Penghuni Tak Terganggu Foto: Audrey Santoso/detikcom
Jakarta - Pengelola Thamrin Executive Residence angkat bicara soal rumah tua yang berada di dalam area apartemennya. Menurut pengelola, tak ada yang terganggu dengan keberadaan rumah milik wanita paruh baya bernama Lieus (58) tersebut.

"Rumah itu milik warga yang sejak dulu tinggal di sini, sebelum apartemen dibangun. Kalau kami kan konsultan, pengelola yang mengelola gedung apartemen ini. Saat pertama kami kelola, kondisinya sudah seperti itu (ada rumah tua)," kata Chief Customer Service Apartemen Thamrin Executive Residence, Emi, saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (21/9/2019).


Emi mengatakan pihaknya menghargai keputusan pemilik yang bertahan tinggal di rumah itu sehingga pihaknya memilih hidup berdampingan, meski tak lazim.

"Jadi saling hidup berdampingan, tidak ada yang komplain, tidak ada yang terganggu, nyaman-nyaman saja gitu. Jadi selama ini tidak ada masalah apa pun. Penghuni juga tidak terganggu," ucap Emi.

Soal Rumah Tua di Kompleks Apartemen, Pengelola: Penghuni Tak TergangguFoto: Audrey Santoso/detikcom

Emi mengaku tak tahu persis cerita pembangunan apartemen yang melewati proses pembebasan lahan warga. "Itu pengembang ya (yang paham proses pembebasan lahan). Kami hanya mengelola, keadaan sudah seperti itu," sambung dia.


Emi menjelaskan, pada umumnya seseorang dikenai biaya parkir jika membawa kendaraan masuk ke komplek apartemen. Namun, untuk si pemilik rumah tua, aturan biaya parkir kendaraan tak diberlakukan.

"Dia mau parkir di situ ya monggo. Maksudnya dari segi parkir kita juga tidak kenakan apa-apa, maksudnya dikenakan biaya apa-apa juga nggak," ujar Emi.

Emi menuturkan kebutuhan listrik dan air untuk Lieus pun tak berada di bawah pengelolaan apartemen. Begitu juga soal pajak bumi dan bangunan (PBB).

"Kayak warga biasa (pembayaran listrik dan air), kan tanah dia, rumah dia. (Bayar pajak bumi dan bangunan) masing-masing, kan itu tanah, rumah dia," pungkas Emi.


Simak juga video "Kebakaran di Apartemen Kalibata City, 2 Orang Terluka":

[Gambas:Video 20detik]


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com