detikNews
Sabtu 21 September 2019, 16:20 WIB

Unik! Ada Rumah Tua di Tengah Kompleks Apartemen Mewah Jakpus

Audrey Santoso - detikNews
Unik! Ada Rumah Tua di Tengah Kompleks Apartemen Mewah Jakpus Rumah tua di tengah kompleks apartemen mewah. (Foto: Audrey Santoso)
Jakarta - Pemandangan tak biasa terlihat di salah satu apartemen di kawasan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Di kompleks apartemen ini, berdiri sebuah rumah tua yang nampak beratap genting yang sudah usang.

Rumah tua tersebut berada di area kiri belakang gedung apartemen yang menjulang tinggi, tepatnya di bawah area gedung parkir kendaraan. Posisi rumah terletak sekitar 2 meter di bawah permukaan jalan sehingga hanya atap genting bata usang saja yang terlihat ketika memasuki area belakang apartemen. Seperti apa penuturan si pemilik rumah, Lieus (58)?


"Kalau (usia) tanah sudah ratusan tahun. Kalau (usia) bangunan rumahnya hampir 100 tahun," kata Lieus ketika detikcom berkunjung, Sabtu (21/9/2019).

Lieus merupakan warga asli RT 07, RW 09, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelum apartemen di bangun, Lieus tinggal bertetangga dengan warga lainnya yang memilih menjual tanah saat pihak apartemen melakukan pembebasan lahan.

Penampakan rumah tua di kawasan Thamrin Executive Residence.Penampakan rumah tua di kawasan Thamrin Executive Residence. (Foto: Audrey Santoso)

"Saya generasi ke-8 (yang menempati rumah itu), asli banget orang sini, bukan pendatang. Dulu jalannya di sini dari zaman tanah lempung," ujar Lieus.

Lieus mengaku mempertahankan tanahnya saat pembebasan lahan karena rumah tersebut menjadi saksi bisu kehidupan keluarganya turun temurun. Bahkan saat pengembang apartemen melakukan pembangunan, Lieus tetap kekeuh tak meninggalkan rumahnya.

"Bukan debu lagi (saat pembangunan apartemen), sampai nggak bisa tidur, ngantuk. Pokoknya kalau malem jadi siang, siang jadi malam. Tanya saja orang-orang di sini, orang bilang 'Ibu Lieus ini benar-benar wonder woman'. Bukan debu-debuan lagi, tapi mandi debu tiap hari," jelas Lieus.

Penjelasan Pihak Thamrin Executive Residence

Sementara itu Chief Customer Service Apartemen Thamrin Executive Residence, Emi, membenarkan Lieus adalah warga lama yang meninggali rumah tua itu sebelum apartemen dibangun. Meski demikian, Emi menuturkan Lieus dengan penghuni apartemen hidup berdampingan.

"Rumah itu milik warga yang sejak dulu tinggal di sini, sebelum apartemen dibangun. Kalau kami kan konsultan, pengelola yang mengelola gedung apartemen ini. Saat pertama kami kelola, kondisinya sudah seperti itu (ada rumah tua)," kata Emi, saat dikonfirmasi detikcom.

Pihak Thamrin Executive Residence menjelaskan, rumah tersebut sudah ada sebelum apartemen dibangun.Pihak Thamrin Executive Residence menjelaskan, rumah tersebut sudah ada sebelum apartemen dibangun. (Foto: Audrey Santoso)

Emi mengatakan pihaknya menghargai keputusan pemilik yang bertahan tinggal di rumah itu sehingga pihaknya memilih hidup berdampingan, meski tak lazim.

"Jadi saling hidup berdampingan, tidak ada yang komplain, tidak ada yang terganggu, nyaman-nyaman saja gitu. Jadi selama ini tidak ada masalah apapun. Penghuni juga tidak terganggu," ucap Emi.


Simak juga video "Kebakaran di Apartemen Kalibata City, 2 Orang Terluka":

[Gambas:Video 20detik]


(aud/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com