Golkar Setuju Sikap Presiden Jokowi yang Tunda RKUHP

Golkar Setuju Sikap Presiden Jokowi yang Tunda RKUHP

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 16:04 WIB
Foto: M Zhacky/detikcom
Foto: M Zhacky/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta DPR menunda pengesahan RUU KUHP. Partai Golkar mengaku menyetujui sikap Jokowi yang menunda karena ada sejumlah keberatan dari berbagai kalangan.

"Ya menurut saya (sikap Jokowi) itu sesuatu yang penting dilakukan karena ini ada kepentingan publik lebih luas, dan juga respons terhadap undang-undang ini, dan tentu kita butuhkan sosialisasi yang lebih panjang," ujar Airlangga di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2019).

Airlangga mengatakan Golkar setuju penundaan pembahasan revisi UU KUHP hingga masa sidang berikutnya. Dia juga menjelaskan pemerintah melalui Kemenkum HAM akan memperhatikan kritik dari masyarakat.


"Ya tentunya kita dengar dari publik apa yang dipersoalkan oleh publik dan pemerintah tentu akan menjelaskan melalui Kemenkum HAM, dan nanti feedback-nya akan dipelajari oleh Partai Golkar," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta DPR menunda pengesahan RUU KUHP. Jokowi ingin masukan dari berbagai kalangan didengarkan.


"Saya terus mengikuti perkembangan pembahasan RUU KUHP secara saksama. Dan setelah mencermati masukan-masukan dari berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi-substansi RUU KUHP, saya berkesimpulan, masih ada materi-materi yang butuh pendalaman lebih lanjut," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jumat (20/9). (zap/aan)