detikNews
Sabtu 21 September 2019, 14:38 WIB

Pertamina Boyong 6 Mitra Binaan ke Pameran di China

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Pertamina Boyong 6 Mitra Binaan ke Pameran di China Foto: Dok. Pertamina
Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengirimkan mitra binaan pada Pameran The 16th China-ASEAN Expo (Caexpo 2019), di Nanning, China, 21-24 September 2019. Ini sebagai wujud pengembangan pasar ekspor bagi pelaku usaha binaan Pertamina.

Dalam agenda tahunan yang telah diselenggarakan ke-16 kalinya ini diikuti oleh 10 negara ASEAN dan ratusan perusahaan, termasuk Pertamina yang ikut mengirimkan 6 mitra binaannya dari Indonesia.

Keenam Mitra Binaan Pertamina yang ikut serta dalam Caexpo 2019 yakni Bawadi Coffee (Kopi Gayo-Aceh), Ali Stone (Perajin Batu-Jawa Barat), Fitri Design Jewellery (Perhiasan-Jakarta), Tenun Rian Hidayat (kain tenun-Yogyakarta), Ratna Art Shop (Kerajinan Retak dan Rotan-Lombok) dan Toko Mahdalena (Souvenir dan perhiasan Dayak-Kalimantan). Seluruh mitra Pertamina yang ditunjuk berkesempatan menampilkan produk terbaiknya di hadapan pengunjung dan membuka peluang kerja sama internasional untuk mereka.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Region Manager Communication, Relation & CSR Sumatera Bagian Selatan, Rifky Rakhman Yusuf. Ia mengungkapkan produk mitra binaan Pertamina diharapkan dapat semakin dikenal luas di kancah internasional setelah diikutkan dalam pameran ini.

"Sebagai BUMN, kami mempunyai kepedulian dalam pengembangan kapasitas Mitra Binaan untuk menjadi unggul dan mandiri. Inilah wujud yang kami lakukan dalam Program Kemitraan Pertamina untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan agar siap memasuki pasar global. Bahkan lebih jauh lagi, dapat terjadi komitmen penjualan ekspor jangka panjang melalui ajang ini," ujar Rifky dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2019).

Ini merupakan kali pertamanya ke-6 Mitra mengikuti pameran internasional. Mitra binaan yang diikutsertakan ke Caexpo 2019 merupakan mitra yang telah sukses mengikuti pameran dalam negeri dan siap untuk pameran internasional.


"Untuk siap menghadapi pasar global, Pertamina memberikan pengalaman keikutsertaan dalam pameran internasional, termasuk melakukan penjajakan business matching dengan calon pembeli potensial di pasar luar negeri. Mohon doa restu dari masyarakat agar business matching yang akan diikuti besok dapat sukses dan meraih transaksi," tambah Rifky.

Pameran China-ASEAN expo telah menjadi agenda penting dalam rangka pengembangan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara negara China dengan negara-negara ASEAN lainnya. Pada acara pembukaan, agenda dihadiri oleh berbagai perwakilan negara-negara ASEAN, pimpinan perusahaan di Asia, serta Duta Besar berbagai negara sahabat di China. Dari Indonesia sendiri sebagai Country of Honor Caexpo 2019, dihadiri oleh Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun dan Dirjen Kerjasama Pengembangan Luar Negeri, Dodi Edward.



Tonton juga video Telkomsel Gandeng Pertamina Patra Niaga untuk Digitalisasi Industri Migas:

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com