detikNews
Sabtu 21 September 2019, 12:39 WIB

DPR RI Raih Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
DPR RI Raih Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards Foto: Dok. DPR RI
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019. Penghargaan itu didapat atas upanyanya sebagai inisiator aplikasi DPR NOW yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendekatkan DPR RI dengan rakyat.

Konsep besar 'DPR dalam Genggaman Rakyat' melalui berbagai fitur futuristik yang terdapat dalam aplikasi DPR NOW, membuat DPR RI menjadi open parliament pertama dunia yang menyediakan informasi hasil rapat, pengaduan masyarakat, sampai live streaming berbagai kegiatan secara real time and real live.

"Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat harus dilihat sebagai peluang, bukan sebagai ancaman. Karenanya kita harus cerdik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membuat nilai tambah bagi kehidupan manusia," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2019).


Ia berujar bahwa kuncinya berasal dari ide dan gagasan yang pada akhirnya melahirkan aplikasi DPR NOW. Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone, sehingga semua orang bisa memantau aktivitas DPR RI melalui aplikasi DPR NOW tersebut.

"Menjadikan DPR RI bukan hanya sebagai parlemen terbuka, melainkan juga sebagai parlemen yang berani buka-bukaan," ujarnya.

Pemberian penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019 juga didasarkan pada penilaian empat variabel: kualitas tampilan dan branding, substansi konten, aktifitas, dan user experiance. Penghargaan ini dinilai dari pakar IT, praktisi media, hingga pemerhati kinerja lembaga legislatif. Beberapa juri tersebut antara lain Rubby Alamsyah (pakar IT), Aubert Reginald (Perusahaan IT Maven Digital Asia), Agus Sudibyo (Dewan Pers), J Osdar (Jurnalis), dan Lucius Karus (Formappi).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, selain aplikasi DPR NOW, DPR RI juga memiliki tiga aplikasi kekinian lainnya yang juga dapat di download di smartphone. Ketiga aplikasi tersebut yaitu DPR RI, DPR e-Library, dan DPR PPID.

Tak hanya itu, website DPR RI juga bisa diakses melalui www.dpr.go.id. Berbagai aplikasi media sosial di Intagram, Twitter, Facebook, dan YouTube dengan akun DPR RI juga dikemas dengan tampilan yang menarik sehingga tak terkesan kaku dan membuat masyarakat nyaman dalam mengaksesnya.


"Sebagai lembaga perwakilan, Humas DPR RI juga seringkali mendapat berbagai penghargaan, yang terbaru adalah Bronze Award untuk Kategori Government Public Relation dari ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2019, serta sebelumnya Indonesia Community Engagement (ICE) Award 2018 dalam kategori partisipasi pembangunan. Dengan berbagai penghargaan tersebut, ke depannya DPR RI tentu harus semakin meningkatkan kualitas kinerja, jangan sampai justru malah jalan ditempat atau bahkan mengalami kemunduran," tuturnya.

Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019 yang diterima Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini semakin melengkapi berbagai penghargaan lainnya yang telah ia terima sejak tahun 2018 menjabat sebagai Ketua DPR RI. Beberapa penghargaan yang pernah ia peroleh antara lain Best Parliamentarians 2019 oleh Obsession Media Group, The Best and The Next Legislator Award 2019 dari Berlian Organizer, 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik 2018 dari Polaris Data and Story Lab, Anugerah Pers Jawa Tengah 2018 dari Suara Merdeka Network, Best Communicators 2018 dari majalah PR Indonesia, serta Golden Democracy Award 2018 dari Rakyat Merdeka Online.

"Apresiasi yang datang dalam bentuk berbagai penghargaan tersebut telah menjadi bahan bakar bagi saya maupun keluarga besar DPR RI, agar tak pantang menyerah dalam hal apapun. Jika ada kritik tajam yang datang, tak perlu sampai dibawa ke perasaan, tapi cukup dijadikan introspeksi untuk meningkatkan profesionalitas bekerja. Jika kita mau untuk terus memperbaiki diri dan kinerja, insyaallah apresiasi dari berbagai kalangan akan datang dengan sendirinya. Yang terpenting jangan sampai besar kepala, tapi cukup besar semangat saja" pungkasnya.



Simak juga video Menkominfo Dukung E-commerce Majukan Ekonomi Digital dengan Rangkul UMKM:

[Gambas:Video 20detik]





(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com