detikNews
2019/09/21 12:37:08 WIB

Dinsos: Banyak Anak di Lhokseumawe Ngemis karena Suruhan Orang Tuanya

Datuk Haris Maulana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dinsos: Banyak Anak di Lhokseumawe Ngemis karena Suruhan Orang Tuanya Foto: Datuk Haris Maulana/detikcom
Lhokseumawe - Dinas Sosial Kota Lhokseumawe merespons kasus bocah yang dipaksa orang tuanya untuk mengemis. Selain MS, Dinsos menyebutkan ada sejumlah anak lain yang mengemis karena disuruh orang tuanya.

"Pada Juli lalu, kami melakukan penertiban terhadap gelandangan dan pengemis, termasuk pengemis yang masih di bawah umur atau anak-anak. Ada 8 orang anak di bawah umur kami jaring. Salah satu di antaranya korban. Menurut pengakuan anak-anak itu, mereka disuruh orang tuanya agar mencari uang dengan cara mengemis bukan kesadarannya sendiri," kata Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe Ridwan A Jalil, Sabtu (21/9/2019).


Ridwan menyebutkan pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap gepeng di Lhokseumawe, khususnya bagi anak-anak yang disuruh orang tuanya mengemis. Tentunya kalau anak yang menjadi korban orang tuanya tersebut persoalannya kompleks dari psikis, mental, edukasi, dan sebagainya.

"Jadi di sini kami akan terus melakukan razia dan penertiban. Hanya, di sini kami ada satu persoalan, yaitu tidak ada wadah atau rumah untuk menampung. Pasalnya, anak-anak yang terjaring razia ini bukanlah anak telantar, tapi memiliki keluarga. Jika anak telantar bisa diserahkan ke panti asuhan," sebut Ridwan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com