detikNews
Sabtu 21 September 2019, 09:58 WIB

Kabut Asap Masih Selimuti Riau, Jarak Pandang di Pelalawan 400 Meter

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kabut Asap Masih Selimuti Riau, Jarak Pandang di Pelalawan 400 Meter Kabut asap di Pelalawan, Riau. (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pelalawan - Kabut asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan masih menyelimuti langit Riau. Jarak pandang di Kabupaten Pelalawan paling parah cuma tembus 400 meter.

BMKG Pekanbaru, Sabtu (21/9/2018) merilis hotspot atau titik panas di Riau. Pada level confidence 50 persen, di Riau terdeteksi ada 198 hotspot.

Namun jumlah ini pada level 70 persen, jumlah hotspot yang diperkirakan ada titik api menjadi 129 lokasi. Titik panas ini ada di Bengkalis 13! Meranti 1, Kuansing 2, Pelalawan 18, Rohol 38, Inhil 47, Inhu 10.
Masih banyaknya titik panas ini, membuat asap belum beranjak dari Riau. Data BMKG Pekanbaru menyebutkan, jarak pandang di Pekanbaru hari ini maksimal hanya 700 meter.

"Untuk Kabupaten Pelalawan 400 meter, Inhu 500 meter, Dumai 2 Km. Kondisinya karena asap," kata Staf Analisis BMKG Pekanbaru, Bibin Sulianto kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019).


Kondisi asap pekat ini sudah membuat masyarakat banyak yang jatuh sakit. Sejumlah posko kesehatan yang dikelola masyarakat ramai dikunjungi untuk berobat.

Anak-anak banyak mengungsi bersama orang tuanya di posko kesehatan di DPW PKS Riau, di Jl Soekarno-Hatta, Pekanbaru. Langit Riau diselimuti asap yang membuat tampak cahaya matahari menjadi menguning.
(cha/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com