detikNews
Sabtu 21 September 2019, 05:43 WIB

BKSDA Terima Penyerahan Buaya Muara Peliharaan Warga di Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
BKSDA Terima Penyerahan Buaya Muara Peliharaan Warga di Bali BKSDA Terima Penyerahan Buaya Muara Peliharaan Warga di Bali (Foto: Dok. Istimewa)
Gianyar - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali menerima penyerahan seekor buaya muara dari warga di Banjar Sangging, Abian Base Gianyar, Bali. Buaya itu diserahkan pemiliknya setelah dipelihara selama lima tahun.

"Iya dipelihara, buaya muara tersebut diserahkan atas kesadaran pribadi," kata Kasi Konservasi Wilayah 2 BKSDA Bali Sulistyo Widodo ketika dimintai konfirmasi, Sabtu (21/9/2019).

Sulistyo menerangkan buaya muara berukuran panjang 150 cm itu dalam kondisi sehat. Buaya itu diberi pakan daging ayam oleh pemiliknya.



"Diberi makan daging ayam, dalam kondisi sehat dan berukuran normal," terangnya.

Dari keterangan pemilik, buaya tersebut didapatkan dengan cara membeli online. Saat ini buaya muara tersebut dititipkan di Bali Safari and Marine Park di Gianyar.

"Dibeli online dari Jawa seharga Rp 75 ribu. Saat ini dititip rawatkan di Taman Safari," jelasnya.

Untuk diketahui buaya muara dilindungi UU No 5 tahun 1990 tentang konservasi Sunber Daya Alam dan ekosistemnya. Proses evakuasi buaya muara ini juga melibatkan polisi kehutanan dan polisi dari Polres Gianyar.





Simak juga video Ada Buaya Muncul di Sungai Maloso, BBKSDA Minta Warga Tak Ganggu:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com