detikNews
Jumat 20 September 2019, 20:27 WIB

Kendaraan Luar DKI Melanggar di Tol Dalam Kota Diterapkan Tilang Elektronik

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kendaraan Luar DKI Melanggar di Tol Dalam Kota Diterapkan Tilang Elektronik Foto: Lalin di Tol Dalam Kota (Mei Amelia/detikcom).
Jakarta - Penerapan tilang elektronik menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (E-TLE) akan dilakukan di ruas tol dalam kota. Kendaraan-kendaraan dengan pelat nomor di luar Jakarta juga akan ditindak.

"(Pelat nomor selain pelat Jakarta ditindak) oh iya, semua pelanggaran akan ditilang," kata Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir saat dikonfirmasi, Jumat (20/9/2019).

Nasir mengatakan semua kendaraan yang melanggar dan terekam kamera E-TLE tetap ditindak meskipun pelat nomor kendaraan itu merupakan oelat nomor di luar Jakarta. Dia menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi di daerah lainnya untuk menindak pelanggar tersebut.

"Nanti apabila alamatnya tidak di Jakarta nanti akan kita koordinasi dengan Polda-Polda yang ada di wilayah tersebut. Tapi integrasi dasarnya nanti akan dikembangkan," ungkap Nasir.


Diketahui, Polda Metro Jaya bersama Jasa Marga bekerja sama untuk menindak para pengendara yang melanggar di jalan tol menggunakan kamera E-TLE. Rencananya, kamera itu akan berfungsi di tol dalam kota pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Rencana E-TLE di ruas tol di-launching bulan Oktober," kata Nasir.

Kamera E-TLE sendiri sudah lebih dulu terpasang di 12 titik di sepanjang Sudirman-Thamrin. Kamera ini mampu menganalisis berbagai pelanggaran, seperti tidak mengenakan seat belt, memakai ponsel saat berkendara, melanggar ganjil-genap, melanggar marka jalan, dan melanggar lampu lalu lintas. Selain itu, tilang elektronik akan diberlakukan di koridor busway mulai bulan depan.
(sam/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com