detikNews
Jumat 20 September 2019, 20:21 WIB

Anggota KKB Aceh Pernah Rampas Uang Rp 100 Juta

Datuk Haris Molana - detikNews
Anggota KKB Aceh Pernah Rampas Uang Rp 100 Juta Anggota KKB Aceh/Foto: Datuk Haris Molana/detikcom
Bireuen - Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Abu Razak kerap merampok dan merampas uang warga di Bireuen, Aceh. Polisi menyebut KKB Aceh mendapatkan uang Rp 100 juta dari para korbannya.

"Ada sekitar 7 korban dari tindakan kriminal yang dilakukan anggota KKB pimpinan Abu Razak selama sebulan terakhir. Mereka berhasil mendapatkan uang sekitar Rp 100 juta lebih dari korbannya. Modusnya, mereka memancing para korban untuk masuk ke rumah yang menjadi markasnya di kawasan Simpang Mamplam," kata Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, Jumat (20/9/2019).

Salah satu korban KKB Aceh melapor ke polisi. Polres Bireuen kemudian berkoordinasi dengan Polda Aceh dan membentuk tim satgas KKB.

Hingga akhirnya polisi mengepung anggota KKB di Pidie Jaya. Tiga orang anggota KKB tewas, 1 orang kritis dan 1 orang ditangkap hidup-hidup.

Barang bukti yang disita yakni 2 pucuk AK 46 beserta 118 butir amunisi, 5 magazine, 1 pucuk pistol revolver bersama 9 butir peluru, 2 buah golok.

Kemudian uang tunai Rp10,9 juta, dua tongkat, pakaian juga bendera deklarasi Kerajaan Islam Aceh Darussalam (KIAD).

"Kita masih indikasikan ada beberapa orang yang masih memakai senpi. Untuk itu, kita imbau dengan sukarela menyerahkan diri ke pihak berwajib," imbuh Gugun.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com