detikNews
2019/09/20 16:14:50 WIB

Pemkab Bogor Tegur PT GI Karena Buang Limbah ke Sungai Cileungsi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemkab Bogor Tegur PT GI Karena Buang Limbah ke Sungai Cileungsi Foto: PT GI diketahui membuang limbah ke Sungai Cileungsi dan menyebabkan aliran sungai di Desa Karang Asem Timur, Citeureup berubah menjadi warna merah (dok. Istimewa).
Bogor - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menegur PT GI, perusahaan yang bergerak di bidang pewarna. PT GI diketahui membuang limbah ke Sungai Cileungsi dan menyebabkan aliran sungai di Desa Karang Asem Timur, Citeureup berubah menjadi warna merah.

"1 Perusahaan, atas nama PT IG (ditutup karena membuang limbah ke Sungai Cileungsi," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan DLH Kabupaten Bogor Endah Nurmayati saat dihubungi, Jumat (20/9/2019).

Endah memastikan jika saat ini warna merah di Sungai Cileungsi sudah hilang. Namun saat sungai tersebut tercemar dan berubah menjadi warna merah, pihaknya langsung melakukan penelusuran di lokasi untuk mencari tahu penybab sungai tercemar.

"Kita lihat memang ada pembuangan air limbah berwarna merah. Kita cek, ternyata mereka kehabisan bahan untuk penjernih air. Karena memang untuk dying (pewarna), pencelupan, warna itu tidak menjadi baku mutu. Kita sudah ambil samplingnya, nanti kita cek hasilnya. Tapi kita sudah tutup pembuangan air limbahnya," jelasnya


Endah mengungkapkan Pemkab Bogor langsung menutup PT GI pada Kamis (19/9) malam lalu. Selain melakukan penutupan, DLH Kabupaten Bogor pun mengambil sampling limbah PT IG.

"Sekarang masih ditutup (saluran pembuangan air limbah) dulu. Kalau ternyata melebihi baku mutu (limbah), akan ditindak dengan diberi teguran pertama," katanya, ketika dihubungi, Jumat (20/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com