detikNews
2019/09/20 14:18:21 WIB

Potret Sepatu Kotor Jokowi yang Jadi Judul Sajak Fadli

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Potret Sepatu Kotor Jokowi yang Jadi Judul Sajak Fadli Jokowi saat meninjau penanganan karhutla. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Sepatu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi kotor saat meninjau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi perbincangan panjang. Setelah viral di media sosial, sepatu kotor Jokowi pun disindir Waketum Gerindra Fadli Zon lewat sebuah sajak.

Cerita sepatu kotor ini bermula saat Jokowi mengecek penanggulangan karhutla di wilayah Riau pada Selasa (17/9) lalu. Pembicaraan soal sepatu kotor Jokowi berawal dari posting-an Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut meninjau penanganan karhutla bersama Jokowi.

Di akun Instagram-nya, Pramono mem-posting foto sepatu 'before' dan 'after' saat meninjau karhutla. Di foto pertama, terlihat foto sepatu Jokowi bersama Menko Polhukam Wiranto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pramono Anung sendiri yang masih bersih sebelum terjun ke lokasi kebakaran.

Potret Sepatu Kotor Jokowi yang Jadi Judul Sajak FadliBefore-after sepatu Jokowi saat meninjau karhutla. (Dok Instagram Pramono Anung).

Di foto kedua, masih dengan posisi yang sama, terlihat sepatu Jokowi dan rombongan kotor oleh tanah. Celana mereka juga tampak kotor.

"Sepatu sebelum, dan sesudah kunjungan ke daerah yg terbakar di Pelalawan Riau. Sepatu Presiden @jokowi, Menko Polhukam @wiranto.official, MenPUPR Basuki dan @pramonoanungw diatas Heli Kepresidenan, mana sepatuku? Yg paling kotor #penangananasap #kerjakerjakerja #riau," tulis Pramono dalam posting-annya pada Selasa (17/9).


Sepatu kotor Jokowi pun menjadi viral dan pembahasan di media sosial. Banyak netizen yang kemudian juga mem-posting foto sepatu Jokowi saat meninjau lokasi. Beberapa pegiat media sosial juga memberikan kritik dan menyebut Jokowi berlebihan.

Ada yang merasa kecewa karena persoalan sepatu kotor Jokowi lebih penting dibahas hingga menjadi viral, padahal masih banyak persoalan yang lebih penting dibahas, yakni para korban asap di Riau. Namun ada juga netizen yang memuji aksi Jokowi turun langsung ke lapangan melihat dampak kebakaran hutan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com