detikNews
Jumat 20 September 2019, 14:17 WIB

Anies Targetkan 63 Km Jalur Sepeda Rampung Tahun Ini

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Targetkan 63 Km Jalur Sepeda Rampung Tahun Ini Jalur sepeda (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan ada 63 km jalur untuk sepeda pada tahun ini. Ada tiga fase pembuatan dan uji coba jalur sepeda di Jakarta.

"Kita memulai dengan menyiapkan jalur sepeda pada tiga fase ini sepanjang 63 km. Fase pertama sebanyak 25 km diutamakan di jalur-jalur yang kena kebijakan ganjil genap," ujar Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (10/9/2019).

Fase pertama adalah Rawamangun-Jalan Medan Merdeka Selatan. Tadi pagi, Anies telah melakukan uji coba jalur tersebut.




Saat menjajal lokasi sepeda, ada beberapa ruas jalan yang tidak memiliki tanda. Anies menyebut jalan itu sedang dalam proyek pembangunan.

"Ada beberapa ruas antara Rawamangun dan Balai Kota (Jalan Medan Merdeka Selatan) yang belum diberi marka karena aspalnya akan diganti. kita menunggu aspalnya diganti dulu dalam beberapa waktu ini. Minggu-minggu ke depan diganti sesudah itu baru dipasang penandanya. Supaya tidak kerja dua kali," kata Anies.

Menurut Anies, tidak semua jalur sepeda akan diberi pembatas. Tergantung lebar jalan tersebut.

"Ada sebagian jalur sepeda yang bisa diberi pembatas karena lebar jalannya cukup besar. Tapi ada jalur-jalur yang lebarnya tidak besar. Di situ diberi marka tapi belum tentu diberi pembatas nanti akan ada variasi dalam format jalannya," sambung Anies.

Pemprov ingin menambah jalur-jalur sepeda pada tahun-tahun mendatang. Ditargetkan, Jakarta memiliki 500 km jalur sepeda.

"Kita akan siapkan aturannya tapi sekarang ini kita siapkan infrastrukturnya terutama di jalur-jalur ganjil-genap, perhitungan sementara diperkirakan ada 500-an km yang nantinya bisa menjadi jalur sepeda," kata Anies.




Berikut tiga fase uji coba jalan sepeda di DKI Jakarta pada tahun ini.

- Fase pertama sepanjang 25 kilometer diuji coba mulai hari ini sampai 19 November 2019.

Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda.

- Fase kedua sepanjang 23 kilometer akan diuji coba pada 12 Oktober-19 November 2019.

Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati.

- Fase ketiga sepanjang 12 km, diuji coba pada 2-19 November 2019.

Jalan Tomang Raya - Jalan Cideng Timur - Jalan Kebon Sirih - Jalan Matraman Raya - Jalan Jatinegara Barat - Jalan Jatinegara Timur.


Pemprov DKI Siapkan 63 Km Jalur Sepeda di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]




(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com