detikNews
Jumat 20 September 2019, 11:56 WIB

Kemlu: Wapres China akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Andhika Prasetia - detikNews
Kemlu: Wapres China akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Maruf Foto: Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (Foto: Andhika Prasetia-detikcom)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019. Pelantikan itu rencananya dihadiri Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Qishan .

"Bahwa akan ada wakil presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan bapak presiden pada 20 Oktober nanti dan bapak presiden mengatakan terhormat kalau dihadiri juga oleh wakil presiden Tiongkok," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).



Hal ini disampaikan seusai pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Penasihat hubungan luar negeri Presiden RRT/Anggota Komisi Urusan Luar Negeri RRT Song Tao. Pertemuan ini membahas juga kerja sama antara kedua negara di bidang investasi dan perdagangan.

"Tujuannya antara lain sekaligus menyampaikan selamat atas terpilihnya Bapak Presiden. Kedua, ingin menyampaikan komitmen Tiongkok untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia," ucap Fachir.

Fachir menyampaikan, maksud kedatangan Li Yuanchao ke pelantikan Jokowi untuk menjalin hubungan antara RRT dengan Indonesia. Jokowi, kata Fachir, merasa terhormat jika Wang Qishan hadir pada 20 Oktober 2019 nanti.

"Tadi menurut urusan khusus disampaikan, menunjukkan, sekali lagi hubungan yg baik antara kedua pemimpin bahwa Tiongkok akan memberi perhatian yang lebih baik, yang menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia," ujar Fachir.
(dkp/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com