detikNews
Jumat 20 September 2019, 11:56 WIB

Tak Siapkan Pengganti Menpora, PKB Serahkan ke Jokowi

Mochamad Zhacky - detikNews
Tak Siapkan Pengganti Menpora, PKB Serahkan ke Jokowi Foto: Redaksi
Jakarta - Imam Nahrawi telah mengundurkan dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). PKB mengaku tidak menyiapkan kadernya untuk mengisi jabatan Menpora.

"(PKB) tidak menyiapkan (kader pengganti Imama). (Jabatan Menpora) diserahkan ke presiden," kata Sekjen PKB Muhammad Hasanuddin Wahid kepada wartawan, Jumat (20/9/2019).

Imam telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKB, menurut Hasanuddin, tak mempersoalkan keputusan Imam mundur dari jabatan Menpora.

"Menghormati sepenuhnya dan biar fokus menghadapi proses hukum," jelasnya.


Pengunduran diri Imam Nahrawi dari jabatan Menpora sebelumnya disampaikan Presiden Jokowi. Komisi X DPR RI, selaku mitra kerja Kemenpora, menyarankan Jokowi supaya menunjuk Plt Menpora.

"Karena belum dilantik presiden baru dan masa baktinya belum selesai, maka mestinya paling tidak ditunjuk Plt Menpora," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih kepada wartawan, Kamis (19/9).


Imam mengundurkan diri dari jabatan Menpora setelah KPK mengumumkan penetapan status tersangka. Imam ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait dana hibah KONI.

Pengumuman status tersangka Imam disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers pada Rabu, 18 September kemarin. Imam melalui asisten pribadinya, Miftahul Ulum, diduga menerima uang Rp 14,7 miliar pada kurun waktu 2014-2018. Imam juga diduga meminta Rp 11,8 miliar dalam rentang 2016-2018.

"Sehingga total dugaan penerimaan Rp 26,5 miliar," ujar Alexander.


(zak/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com