detikNews
2019/09/20 11:36:57 WIB

Aussie Ingatkan Turis soal RKUHP, Pemprov Bali Tak Khawatir Pariwisata Turun

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Aussie Ingatkan Turis soal RKUHP, Pemprov Bali Tak Khawatir Pariwisata Turun Ilustrasi wisatawan di Bali (Foto: Ahmad Masaul)
Denpasar - Pemerintah Australia mewanti-wanti warganya yang akan liburan ke Indonesia soal ancaman pidana pasal-pasal kontroversial di RUU KUHP. Pemerintah Provinsi Bali mengaku tak risau peringatan ini bakal mengurangi kunjungan turis ke Pulau Dewata.

"Oh nggak (khawatir) sih. Kita sebagai daerah pariwisata tetap berjalan seperti biasa, kalau kita ada isu-isu seperti ini bisa kita jelaskan," kata Kadis Pariwisata Bali, I Putu Astawa, saat berbincang via telepon, Jumat (20/9/2019).



Menurut Astawa, aturan yang mengatur soal kumpul kebo ataupun perzinaan sebelumnya juga sudah diatur dalam Undang-undang Perkawinan maupun undang-undang Pornografi sehingga menurutnya tak ada yang berbeda. Meski begitu, dia mengakui isu-isu politik maupun bencana alam rentan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Bali.

"Artinya sosialisasi bersama stake holderlah kita ajak bersama-sama meluruskan bagaimana pemberitaan-pemberitaan yang tidak sesuai faktanya. Kalau aturan seperti yang dibilang tadi sih memang dari dulu seperti itu menurut saya, itulah yang perlu kita sosialisasi, kita dudukkan persoalannya nanti," tuturnya.

Wisatawan di Bali / Wisatawan di Bali / Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com