detikNews
Jumat 20 September 2019, 08:34 WIB

Imam Nahrawi Mundur, Tugas Harian Kemenpora Dikoordinasikan Oleh Sesmen

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Imam Nahrawi Mundur, Tugas Harian Kemenpora Dikoordinasikan Oleh Sesmen Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (Foto: Ari Saputra)
FOKUS BERITA: Menpora Tersangka KPK
Jakarta - Imam Nahrawi mengundurkan diri dari jabatan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) setelah menjadi tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI. Kini tugas harian di Kemenpora dikoordinasikan sementara oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

"Sesmen, kaya tadi contohnya untuk agenda besok (Jumat) sudah saya bagi habis, deputi siapa, sesmen pergi ke mana termasuk saya sendiri karena untuk surat-surat untuk sementara ke kami," kata Gatot saat dihubungi, Kamis (20/9/2019).



Gatot akan mengkoordinasikan tugas di Kemenpora sampai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk menpora pengganti Imam Nahrawi. Namun dia belum mengetahui apakah Jokowi akan menunjuk Plt atau menpora definitif.

"Sampai nunggu ada menteri yang ditunjuk presiden," ujar dia.



Terlepas dari itu, Gatot menegaskan aktivitas di Kemenpora tak terganggu Agenda kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya juga dipastikan tetap berjalan.

"Tetap berjalan nggak ada masalah, tetap berjalan terus berjalan," ujar dia.


Sebelumnya, Imam Nahrawi mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menpora setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi di KPK. Presiden Jokowi kini menimbang pengisi kursi yang ditinggalkan Imam Nahrawi.

"Tentu saja akan kita segera pertimbangkan apakah segera diganti dengan yang baru atau memakai Plt. Tadi disampaikan saya surat pengunduran diri dari Pak Menpora Imam Nahrawi," kata Jokowi kepada wartawan di Istana.

Jokowi akan mempertimbangkan pengisian posisi Menpora, yang sisa masa kerjanya hanya sebulan.

"Belum (diputuskan soal pengganti), baru sejam lalu kasih surat pengunduran dirinya. Kita pertimbangkan dalam sehari," ujar Jokowi.

Terkait dengan kasus Imam Nahrawi, Jokowi mengaku menghormati KPK dalam penetapan status tersangka Imam. Imam menjadi tersangka suap dana hibah KONI dan penerimaan lain berkaitan dengan jabatannya. Total uang yang diduga diterima Imam Nahrawi Rp 26,5 miliar.


Imam Nahrawi Boyong Barang-barangnya dari Rumah Dinas:

[Gambas:Video 20detik]




(knv/aud)
FOKUS BERITA: Menpora Tersangka KPK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com