Heboh Polisi Lepas Tembakan Pengganti Petasan di Pesta Pernikahan

Round-Up

Heboh Polisi Lepas Tembakan Pengganti Petasan di Pesta Pernikahan

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 08:11 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Foto: Grandyos Zafna
Lampung - Rentetan tembakan di sebuah pesta pernikahan di Lampung Utara, viral di media sosial. Pelaku menembakkan senjata api laras panjang dan pendek ke udara.

Pelaku ternyata adalah tiga oknum polisi. Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa para pelaku masih merupakan bagian keluarga Firdaus di alan Abrati, Kelurahan Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.

"Ya itu inisiatif mereka, karena mereka ini bagian dari keluarga Firdaus Amir juga," kata Kombes Pandra kepada detikcom, Kamis (19/9/2019).

Pandra menjelaskan, kejadian itu terjadi pada Minggu (15/9) lalu. Saat itu ketiganya menghadiri pesta pernikahan di keluarga Firdaus. Di tengah prosesi pernikahan tersebut, dilangsungkan tradisi Begawi yakni pemberian gelar adat Lampung (sutan/pangeran) dari ketua adat.

"Nah acara ini digelar selama tiga hari berturut-turut mulai pada tanggal 13 September sampai tanggal 15 September," ujarnya.

Rangkaian adat Begawi ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan turun mandi dan pepaduan yang dilaksanakan Pada Minggu (15/9). Dalam prosesi ini, yang diberi gelar adat Lampung keluar dari dalam rumah.

"Nah karena tradisinya ketika adat turun mandi ini harus disambut dengan kemeriahan letusan seperti letusan mercon, karena tidak ada mercon, sehingga kemudian ketiga anggota itu berinisiatif untuk mengeluarkan letusan dengan cara menembakkan senjata api ke udara," paparnya.

Ketiga oknum tersebut kemudian melepaskan rentetan tembakan ke udara. Dalam video yang viral di media sosial, tampak ketiga oknum mengeluarkan tembakan dari senjata api laras panjang dan lara pendek.

Tembakan dikeluarkan berulang kali. Sejumlah bocah kemudian memunguti selongsong yang keluar dari senjata api tersebut.

Ketiga oknum tersebut telah diperiksa oleh Propam Polda Lampung. Senjata api jenis steyr, SS1 dan revolver yang digunakan ketiganya disita Propam.





Selanjutnya
Halaman
1 2