detikNews
2019/09/20 07:00:54 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Perjalanan Darat dari Balikpapan ke Sepaku, Kawasan Ibu Kota Baru

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Perjalanan Darat dari Balikpapan ke Sepaku, Kawasan Ibu Kota Baru Jalanan menuju Penajam Paser Utara, kawasan ibu kota baru. (Rakhmad Hidayatullah Permana/detikcom)
Jakarta - Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom menyambangi Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang terindikasi sebagai titik Ibu kota baru. Kami berangkat dari Balikpapan melalui jalur darat.

Kami berangkat dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada Rabu (18/9/2019) pukul 09.20 WITA. Jika dilihat dari aplikasi GoogleMaps, jarak antara Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Kantor Kecamatan Sepaku mencapai 77,5 km. Dengan prediksi waktu tempuh 2 jam 9 menit.



Selama perjalanan di jalan Balikpapan, laju mobil yang kami tumpangi terbilang lancar. Sopir bisa memacu kecepatan kendaraannya dari 40 km/jam sampai 60 km/jam. Sepanjang jalan itu, aspalnya masih mulus.

Perubahan terjadi ketika kami sudah melewati KM 39 Semboja, Kutai Kartanegara. Ketika sudah mulai masuk perbatasn Kecamatan Sepaku, jalan mulai bergelombang. Suhunya mencapai 33 derajat celcius.



Bukan hanya bergelombang. Ada jalan yang aspal atau cornya kurang merata. Ada pula jalan yang kondisinya masih tanah.

Perjalanan Darat dari Balikpapan ke Sepaku, Kawasan Ibu Kota BaruFoto: Jalanan menuju Penajam Paser Utara, kawasan ibu kota baru. (Rakhmad Hidayatullah Permana/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com