detikNews
2019/09/19 19:54:46 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Pemalsuan okumen Terkait Mafia Properti

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Tangkap Pelaku Pemalsuan okumen Terkait Mafia Properti Polisi tangkap pelaku pemalsuan dokumen. (Samsuduha/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap Helmi (45), pelaku pemalsuan dokumen yang mendukung kejahatan para mafia properti. Pelaku menyiapkan dokumen-dokumen palsu, dari sertifikat rumah hingga ijazah.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto menyebut penangkapan ini merupakan pengembangan kasus mafia properti yang pernah diungkap jajarannya beberapa waktu lalu. Para tersangka mafia properti ternyata beberapa kali memesan sertifikat palsu kepada Helmi.

"Untuk produk pemerintah yang dipalsukan ada sertifikat, buku girik, SIM, STNK dipalsukan, dan surat-surat terkait ijazah ada Kitas palsu dan ada dokumen-dokumen perbankan dan perizinan-perizinan di kantor pemerintahan daerah-kota di Indonesia," kata Suyudi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/9/2019)

"Ini digunakan untuk dukung kejahatan yang dilakukan oleh mafia properti seperti kelompok yang kita amankan sebelumnya dia sudah pesan beberapa kali ke tersangka ini," sambungnya.

Suyudi mengatakan Helmi sudah beraksi selama 8 tahun membuat sertifikat palsu itu. Dia juga dibantu oleh salah satu pelaku yang hingga saat ini masih berstatus DPO. Harga 1 produk yang dijual senilai Rp 10-15 juta.

"Pelaku diduga kuat beraksi dari 2011. Dia nggak pernah ditangkap karena licinnya dan baru ditangkap saat ini," kata Suyudi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com