detikNews
2019/09/19 18:24:59 WIB

Bupati Bogor Usul Pembuang Sampah Sembarangan Kena OTT Didenda Besar

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 1
Bupati Bogor Usul Pembuang Sampah Sembarangan Kena OTT Didenda Besar Foto: Bupati Bogor Ade Yasin (Sachril-detikcom).
Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin mengusulkan agar masyarakat yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) membuang sampah sembarangan didenda dengan nominal besar. Ade juga menginginkan agar pemberian hukuman denda dilakukan melalui proses pengadilan.

"Kemarin kita sudah OTT, cuma hukumannya skala kecil. Ketika kita usulkan (memberi denda berat), mungkin ada pertimbangan pengadilan. Tapi saya pikir itu (denda besar) juga harus diterapkan. Aparat hukum dalam menindak pembuang sampah sembarangan harus bersikap tegas," ujar Ade di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/2019).

Menurut Ade, Pemkab Bogor telah melakukan berbagai upaya agar kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Edukasi dan penyuluhan telah dilakukan. Pemerintah daerah juga telah menyediakan tempat pembuangan sementara (TPS) di berbagai tempat.

"Kalau peringatan, sudah lebih banyak dari Perda. Tapi tetap saja kalau kesadaran dari dalam dirinya kurang, ya susah," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Bogor melalui Satpol PP melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) ke warga yang membuang sampah sembarangan. Meski sudah ada OTT, Ade mengakui kalau warga belum juga jera. Untuk itu dia meminta warga sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya mengetuk kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan," paparnya.


Sementara itu Pemkab Bogor juga telah berupaya mengatasi permasalahan sampah dengan menambah 62 unit mobil untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Dikatakan Ade, pada 2020 nanti Pemkab Bogor akan menambah jumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Ya ke depan lah kita harus lebih keras lagi sanksinya ya," tuturnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com