detikNews
2019/09/19 17:19:59 WIB

Gubernur Sumsel Ancam Cabut Izin Perusahaan Jika Tak Ikut Padamkan Api

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gubernur Sumsel Ancam Cabut Izin Perusahaan Jika Tak Ikut Padamkan Api Gubernur Sumsel Herman Deru (Raja Adil/detikcom)
Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta perusahaan yang berada di area kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ikut memadamkan api. Herman mengancam akan mencabut izin perusahaan jika dalam sepekan tidak ikut memadamkan api karhutla.

Hal ini diungkapkan Herman setelah meninjau langsung lokasi kebakaran karhutla bersama Kapolda Sumsel Irjen Firli dan Pangdam Sriwijaya Mayjen TNI Irwan di lokasi kebakaran di Peyandingan, Ogan Komering Ilir, Kamis (19/9/2019). Akibat kebakaran di lokasi tersebut, Kota Palembang diselimuti kabut asap tebal dalam 3 hari terakhir.

"Ini sumber kabut asap yang ada di sana (Palembang), nggak ada yang lain. Salah satu penyebab karena arah angin ke arah Kota Palembang," kata Herman saat meninjau lokasi kebakaran.


Gubernur Sumsel Ancam Cabut Izin Perusahaan Jika Tak Ikut Padamkan ApiGubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Firli, dan Pangdam Sriwijaya saat meninjau lokasi karhutla di Peyandingan, Ogan Komering Ilir. (Raja Adil/detikcom)
Lokasi kebakaran terlihat cukup luas dan berada tepat di sebelah perusahaan tebu PT Dinamika Graha Sarana (DGS). Lahan itu disebut sudah terbakar beberapa hari lalu. Di lokasi tersebut, Herman dan rombongan sempat menerima laporan dari Satgas Karhutla.

"Ini udah terbakar lama. Tidak bisa lagi dibiarkan harus dipadamkan karena ini asapnya tebal dan lahan yang terbakar juga lahan gambut," kata Herman Deru.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com