detikNews
Kamis 19 September 2019, 16:45 WIB

Begini Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Lusiana Mustinda - detikNews
Begini Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi Doa gempa bumi. Foto: Reta Amaliyah Shafitri
Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa di Jawa Timur. Gempa susulan terjadi di Tuban, Jawa Timur bermagnitudo 6. Saat merasa gempa, umat muslim dianjurkan membaca doa ini.

Gempa tektonik berkekuatan 6.0 Magnitudo ini terjadi di 56 kilometer barat laut Tuban. Guncangannya terasa hingga Trenggalek, Tulungagung, hingga Bali. Saat terjadi gempa, sudah pasti kita merasa takut dan resah akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Ketika kita sedang mengalami gempa atau bencana-bencana lain yang membahayakan keselamatan jiwa, disarankan untuk membaca doa. Berikut bacaan doa gempa bumi seperti yang dikutip dalam islam.nu.or.id:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a'ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Jadi jika mengalami gempa di tempat tinggal kamu, jangan panik. Perbanyak berdoa dan berdzikir agar Allah SWT selalu menjaga kita.


(lus/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com