detikNews
2019/09/19 16:42:38 WIB

Polisi Amankan 5 Orang Terkait Dugaan Eksploitasi Anak di Medan

Budi Warsito - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Amankan 5 Orang Terkait Dugaan Eksploitasi Anak di Medan Polisi amankan 5 orang diduga eksploitasi anak di Medan (Foto: Budi Warsito/detikcom)
Medan - Polisi mengamankan lima orang yang diduga melakukan eksploitasi terhadap anak di Medan. Mereka yang diamankan diduga memanfaatkan anak-anak untuk menjadi pengemis.

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto mengatakan anak-anak tersebut setiap harinya disuruh meminta-minta di Simpang Jalan Sei Sikambing, Jalan Kapten Muslim dan Jalan Gatot Subroto, Medan.

"Pengungkapan ini berawal dari adanya laporan masyarakat, bahwa di beberapa titik di Kota Medan terdapat pengemis yang menggunakan anak kecil. Pihaknya kemudian mengecek ke lapangan dan menemukan mereka di wilayah Medan Helvetia," jelas Kombes Dadang didampingi Kapolsek Helvetia AKP Sah Audur Sitinjak di Mapolsek Helvetia, Medan, Kamis (19/9/2019).



Penangkapan ini dilakukan pada Rabu (18/9). Sejumlah anak yang diduga dieksploitasi itu berusia antara 1,5 tahun hingga yang masih bersekolah di tingkat SMP.

"Anak-anak tersebut dari jam 20.00-22.30 WIB masih berada di jalanan untuk meminta-minta. Anak-anak digunakan untuk membuat orang merasa iba kemudian memberikan uang. Kondisi di luar sana, apalagi malam hari itu kan tidak baik bagi anak-anak. Mereka itu bisa dapat Rp 40.000-Rp 50.000 dari jam delapan malam sampai setengah sebelas," jelasnya.

Dia mengatakan penangkapan lima orang yang diduga mengeksploitasi anak ini ditujukan untuk membuat Kota Medan bebas pengemis. Menurutnya, orang yang diduga mengekspolitasi anak ini masih tinggal di lingkungan yang sama dengan anak-anak yang dieskploitasi.

"Kita sudah lakukan identifikasi, kita datangi rumahnya. Kita perintahkan Polsek Percut, mereka ini satu lingkungan," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com