Pansus DPR akan Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 16:20 WIB
Ketua Pansus ibu kota, Zainudin Amali (Foto: Tsarina/detikcom)


Selain meninjau lokasi, pansus ibu kota juga akan memanggil para pimpinan kementerian atau lembaga terkait pemindahan ibu kota.

"Di samping itu juga kami akan rapat di sini maraton dengan narsum yang sudah saya sebutkan, dengan Bappenas, Kemenkeu, Kementerian ATR, PU, KLHK, Kemendagri, ada Kemekum HAM, MenPAN RB, Panglima (TNI), Kapolri, Menhan," sebut Zainudin.

Diberitakan sebelumnya, dalam menyusun rekomendasi pemindahan ibu kota pansus DPR memfokuskan tiga topik utama. Mulai dasar dari pemindahan hingga pembiayaannya.

"Nah bayangan saya ada tiga hal pokok yang menjadi bahasan dalam pansus ini. Pertama adalah ide ini tentu punya dasar ya. Dasar yang pertama adalah, tentang dari mana sumber pembiayaannya, kemudian infrastruktur yang akan dibangun nanti," jelasnya.



Politikus Partai Golkar itu juga menyebut pansus akan mengkaji aspek lingkungan ibu kota yang baru. Kemudian mengenai aparatur sipil negara (ASN) yang akan bekerja di sana.

"Kedua adalah tentang bagaimana tempat atau lokasi yang lebih spesifik. Lahan lingkungan itu bukan hanya menyangkut lingkungan hidup saja, tetapi berbagai hal termasuk lingkungan sosial dan semacamnya," terang Zainudin.



"Hal pokok ketiga adalah mengenai aparatur dan regulasi itu. Saya kira kita akan mengkaji tentang tiga pokok besar," ungkapnya.
Halaman

(zak/rvk)