detikNews
2019/09/19 15:07:06 WIB

Polisi Usut Video Meresahkan 'Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam'

Agus Setyadi - detikNews
Halaman 1 dari 3
Polisi Usut Video Meresahkan Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam Screenshoot Video 'Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam' (Foto: Istimewa)
Banda Aceh - Video berisi maklumat pengusiran warga yang bukan asli Aceh keluar dari Tanah Rencong viral di media sosial. Polisi masih menyelidiki pembuat video tersebut.

Video berdurasi 5 menit itu beredar pada Kamis (19/9/2019) melalui WhatsApp group (WAG) dan media sosial. Dalam video tampak 6 orang berdiri, lima di antaranya menggunakan sebo. Sementara satu orang berdiri dengan wajah terlihat.

Pembicara dalam video mengaku video tersebut direkam pada 18 Muharam. Para pria yang menamakan diri 'Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam/Aceh Merdeka (PKAD/AM)' ini membuat video di dalam sebuah ruangan tertutup yang belum diketahui lokasinya.


Isi video intinya meminta warga yang bukan masyarakat Aceh untuk keluar dulu dari Tanah Rencong. Hal ini, katanya, mereka ingin menyelesaikan persoalan Aceh. Dalam video, mereka juga memberi batas waktu untuk keluar dari Aceh maksimal 4 Desember mendatang. Sang pembicara memperbolehkan warga luar Aceh kembali setelah persoalan Aceh selesai.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com