detikNews
2019/09/19 14:07:03 WIB

Ketua MA Tegur Para Ketua PT Baru Gegara Peniti di Toga-Kalung Jabatan

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ketua MA Tegur Para Ketua PT Baru Gegara Peniti di Toga-Kalung Jabatan Foto: MA Lantik Dirjen Peradilan (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali menegur para ketua pengadilan tingkat banding yang baru dilantiknya. Hal ini dilakukan karena dinilai kurangnya persiapan pelantikan.

"Saya melihat bahwa sepertinya para yang dilantik, ini masih ada juga yang kurang berkenan dilantik sebagai ketua pengadilan tingkat banding. Saya buktikan persiapan yang kurang," ujar Hatta Ali dalam sambutannya di sidang pelantikan, di Ruang Kusuma Atmaja, gedung MA, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).



Dia kemudian menyebut sejumlah hal yang dianggapnya jadi bukti tidak siapnya para ketua pengadilan tingkat banding ini dilantik. Salah satunya kalung jabatan yang dianggapnya amburadul.

"Kalung jabatan yang amburadul bisa dilihat, padahal kalung jabatan sudah dibuat secara seragam untuk semua lingkungan peradilan," kata Hatta.

Hatta menilai hal ini merupakan perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua. Untuk itu, dia meminta agar dilakukan pengadaan kalung jabatan yang diseragamkan.

"Ini menunjukkan hal-hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua pengadilan tingkat banding, Oleh karena itu saya minta kepada Dirjen masing-masing kita supaya segera melakukan pengadaan kalung dan diseragamkan untuk semua lingkungan," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com