detikNews
Kamis 19 September 2019, 13:29 WIB

Perketat Keamanan, Polda Bali Usul Pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai

Aditya Mardiastuti - detikNews
Perketat Keamanan, Polda Bali Usul Pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai Foto: dok. Polda Bali
Denpasar - Polda Bali mengusulkan pembentukan Polres Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Mabes Polri. Keberadaan Polres diharap bisa meningkatkan pengamanan di salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu.

Surat usulan pembentukan polres bandara ini ditandatangani Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose. Surat ini kemudian ditindaklanjuti tim studi kelayakan Srena Polri yang datang ke Bali untuk meninjau lokasi.

"Kedatangan kami ke Bali mengecek langsung lokasi lahan rencana pembangunan dan melakukan kajian studi kelayakan terbentuknya Polres Bandara Ngurah Rai nanti. Kami nanti akan meneruskan usulan dari Polda Bali ke Menpan-RB. Nanti atas izin menteri lah baru bisa Polres Bandara Ngurah Rai dibentuk," kata Karo Lemtala Srena Polri Brigjen Yasdan Rivai dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2019).



Tim tersebut juga sempat menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak mulai DPRD Kabupaten Badung hingga pihak Imigrasi. Tim tersebut kemudian mendatangi Polda Bali untuk melakuka verifikasi terkait aplikasi SIK3 (Sistem Informasi Klasifikasi Kesatuan Kewilayahan).

Wakapolda Bali Brigjen I Wayan Sunartha yang menerima kedatangan tim Srena mengatakan Bali merupakan destinasi pariwisata dunia yang sering dijadikan tempat penyelenggaraan kegiatan besar bertaraf internasional. Hal itu disebutnya menjadi tantangan bagi Polda Bali sebagai penanggungjawab keamanan di Pulau Dewata.



Lemahnya pengawasan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dinilai bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk menganggu keamanan di Bali.

"Pintu masuk Bandara Ngurah Rai harus dijaga dengan ketat. Pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai tentu akan membawa dampak yang positif untuk keamanan wilayah bali dari para pelaku transnational crime and organized crime. Saya berharap kedatangan tim studi kelayakan Srena Polri dapat menyetujui terbentuknya Mako Polres dan Polsek di Bandara Ngurah Rai," harap Sunartha.
(ams/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com