detikNews
Kamis 19 September 2019, 12:43 WIB

Dampak Kabut Asap, Penerbangan di Bandara Palembang Terganggu

Raja Adil Siregar - detikNews
Dampak Kabut Asap, Penerbangan di Bandara Palembang Terganggu Ilustrasi (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Kabut asap kebakaran lahan di Sumatera Selatan yang menyelimuti Palembang membuat jarak pandang menurun. Akibatnya, penerbangan dari dan tujuan Palembang tertunda.

Melihat catatan BMKG di Stasiun SMB II Kota Palembang, jarak pandang terburuk menyentuh angka 500 meter selama 45 menit pada pukul 05.45 WIB. Namun terhitung mulai pukul 06.30 WIB, jarak pandang mulai membaik.

"Ada beberapa penerbangan terganggu menuju Palembang, seperti Batik Air (ID 6870) dari Jakarta-Palembang, Air Asia (AK 450) dari Kuala Lumpur-Palembang, dan Citilink (QG 980) dari Jakarta ke Palembang," terang GM Angkasa Pura II Bandara SMB II Fahrozi kepada wartawan, Kamis (19/9/2019).




Sementara itu, penerbangan dari Palembang yang terganggu adalah Garuda Indonesia (GA 105) Palembang-Jakarta, Batik Air (ID 6873) Palembang-Jakarta, dan Air Asia (AK 451) rute Palembang-Kuala Lumpur.

Khusus penerbangan Garuda Indonesia dari Palembang-Jakarta juga diatur ulang jadwal penerbangannya. Penerbangan yang seharusnya pukul 07.45 WIB diubah menjadi pukul 09.20 WIB.

Selain itu, penerbangan Asia Asia dari Kuala Lumpur ke Palembang ikut terdampak kabut asap. Sebelumnya, Air Asia dijadwalkan mendarat pada pukul 07.00 WIB, tapi akhirnya baru landing pada pukul 07.48 WIB.

"Untuk reschedule langsung dari Garuda," kata Fahrozi.

Melihat kondisi kabut asap dan jarak pandang menurun, BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati beraktivitas pada pagi hari pukul 04.00-07.00 WIB dan pada sore hari pukul 17.00-19.00 WIB.

"Seiring potensi menurunnya jarak pandang, senantiasa menggunakan masker dan mengkonsumsi banyak air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan. Mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran baik itu sampah rumah tangga maupun dalam pembukaan lahan pertanian atau perkebunan," kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun SMB II Palembang.


Kabut Asap Mulai Teror Sumbar, Sekolah di Dharmasraya Diliburkan:

[Gambas:Video 20detik]


(ras/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com