detikNews
2019/09/19 11:37:25 WIB

Tak Lagi di Trotoar Kebon Sirih, Para Pencari Suaka Kembali ke Kalideres

Rolando Fransiscus - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tak Lagi di Trotoar Kebon Sirih, Para Pencari Suaka Kembali ke Kalideres Kondisi trotoar kebon sirih, Kamis (19/9/2019). (Rolando/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka yang sempat menempati trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, telah meninggalkan lokasi. Mereka kembali ke eks gedung Kodim di Kalideres, Jakarta Barat.

Pantauan detikcom, di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019), pada pukul 10.35 WIB, sudah tidak ada lagi pencari suaka yang berada di trotoar. Barang-barang seperti tenda, tikar, kardus, dan jemuran juga sudah tidak terlihat lagi.

Kepala Kesbangpol Pemprov DKI Taufik Bakri mengatakan para pencari suaka kembali ke Kalideres secara sukarela. Mereka kembali sejak Rabu (18/9) sore.



"Bukan dipindahin, dengan sukarela mereka mau pindah. Karena kan sudah dapat duit tuh dari UNHCR Rp 1,3 juta. Nah kita bilangin kepada mereka, 'Kalau Anda tidak bisa sukarela pindah, nanti kena Perda dan hukuman disiplin dari UNHCR dengan dicabut kartunya,'" kata Taufik saat dimintai konfirmasi soal keberadaan para pencari suaka itu.

"(Pindahnya) kemarin, pukul 15.00 WIB, hari Rabu," sambungnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com