Tinjau Sungai Cipakancilan Bogor, Iriana: Alhamdulillah Mulai Bersih

Tinjau Sungai Cipakancilan Bogor, Iriana: Alhamdulillah Mulai Bersih

Sachril Agustin - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 10:59 WIB
Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau pembersihan Sungai Cikapancilan di Bogor (Sachril Agustin B/detikcom)
Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau pembersihan Sungai Cikapancilan di Bogor (Sachril Agustin B/detikcom)
Bogor - Sungai Cikapancilan di Bogor jadi sorotan karena ada sampah yang menumpuk hingga menutupi badan sungai. Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) pun datang untuk meninjau proses pembersihan.

Pantauan detikcom, Kamis (19/9/2019), Iriana beserta rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) tiba di lokasi untuk mengecek Sungai Cipakancilan pada pukul 09.05 WIB. Dia tampak mengenakan baju putih lengan panjang dengan topi berwarna oranye dan hitam.

"Alhamdulillah, tadi disampaikan kalau Sungai Cipakancilan sudah mulai bersih kembali. Terima kasih karena sudah melakukan pembersihan," kata Iriana dalam sambutannya di Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Sejumlah sampah sudah dibersihkanSejumlah sampah sudah dibersihkan (Sachril Agustin B/detikcom)


Sampah yang menumpuk di Sungai Cikapancilan ini terdiri dari berbagai macam seperti sampah rumah tangga, plastik, styrofoam, botol plastik, dan lainnya. Iriana berharap sampah ini tidak hanya dibuang.

Dia harap beberapa sampah didaur ulang. Selain itu, dia berharap nantinya jika sudah bersih, di sekitar sungai bisa dibuat taman hingga warung makan.

"Insyaallah nanti ini bersih semua. Kalau dilihat ngeri juga sampah-sampah ini. Oh saya datang ke sini udah lumayan," ujarnya

"Tapi kalau sudah bersih semua bisa taman bermain bisa untuk jualan kafe-kafe. Insyaallah sudah bersih semua," sambungnya.

Namun tampak sampah masih menumpukNamun tampak sampah masih menumpuk (Sachril Agustin B/detikcom)


Di lokasi, tepatnya di depan Puri Kintamani, alat berat dan kendaraan untuk mengangkut sampah dari sungai pun sudah disediakan. Terlihat, ada satu ekskavator kecil, satu ekskavator besar, tiga truk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, dan beberapa perahu karet.

Beberapa petugas pun terlihat sudah siap turun ke sungai untuk mengambil sampah.

Di lokasi yang sama, Komandan Korem 061/Suryakancana, Kolonel Inf Novi Helmi Prasetya, mengatakan pembersihan Sungai Cipakancilan telah dilakukan. Helmi mengatakan pihaknya rutin melakukan pembersihan.

"Sebelumnya, Sungai Cipakancilan ini sudah ada bertahun-tahun dan hanya dibersihkan sepintas saja. Tapi sekarang, pembersihan dilakukan menyeluruh. Mudah-mudahan insyaallah, terselesaikan dengan cepat," kata Helmi.

Alat berat disiapkan untuk mengangkut sampahAlat berat disiapkan untuk mengangkut sampah (Sachril Agustin B/detikcom)


Ia menjelaskan, Sungai Cipakancilan memiliki panjang 8 kilometer (km), yakni 2 km di Kota Bogor dan 6 km di Kabupaten Bogor. Helmi mengakui, volume sampah di Sungai Cipakancilan sangat besar.

"Sampah di sungai sepanjang 8 km ini sangat luar biasa sekali. Kami akan menindaklanjuti agar bermanfaat, airnya harus bersih bu. Kita libatkan semua unsur masyarakat untuk membersihkan Sungai Cipakancilan," tutur Helmi.
Halaman

(jbr/aan)