detikNews
2019/09/19 08:51:00 WIB

Round-Up

KPK Tetapkan Tersangka Baru Saat UU Hasil Revisi Belum Berlaku

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPK Tetapkan Tersangka Baru Saat UU Hasil Revisi Belum Berlaku Ilustrasi KPK (Foto: ilustrasi oleh Ahmad Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta - Sehari setelah palu di ruang paripurna DPR diketuk tanda revisi aturan disahkan, KPK menjerat tersangka 'kelas kakap'. Secara tegas KPK menyampaikan revisi undang-undang itu tidak akan membuat pemberantasan korupsi lindap.

Undang-undang yang telah bertahan selama 17 tahun dan berhasil memenjarakan ratusan koruptor pada akhirnya tandas dalam 13 hari pembahasan di Senayan. Padahal penolakan demi penolakan membanjir, bukan tanpa alasan lantaran pasal per pasal revisinya dianggap akan melemahkan pemberantasan korupsi.




Meski begitu pada akhirnya KPK tetap sebagai pelaksana undang-undang. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan tim transisi dari internal KPK telah dibentuk untuk mempelajari dengan detail apa saja perubahan dari aturan lama ke yang baru.

"Untuk tetap memaksimalkan pelaksanaan tugas tersebut, pimpinan telah membentuk tim transisi yang menjalankan tugas-tugas prinsip seperti melakukan analisis terhadap materi-materi di RUU KPK yang telah disahkan di paripurna tersebut," kata Febri.

"Mengidentifikasi konsekuensi terhadap kelembagaan, SDM dan pelaksanaan tugas KPK baik di penindakan ataupun pencegahan dan unit lain yang terkait, serta merekomendasikan tindak lanjut yang perlu dilakukan secara bertahap pada pimpinan," imbuhnya.




Tim transisi itu dipandang perlu bagi KPK untuk mencegah efek yang terlalu buruk bagi masa depan pemberantasan korupsi. Febri juga mengatakan hal itu dilakukan untuk menjaga harapan publik agar pemberantasan korupsi tidak selesai setelah revisi UU KPK disahkan.

"KPK juga tidak mau harapan publik terhadap pemberantasan korupsi selesai sampai ketokan palu paripurna DPR kemarin. Karena itu, kami juga harus berkomitmen tetap terus menjalankan ikhtiar pemberantasan korupsi ini," tutur Febri.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com