detikNews
2019/09/19 08:39:00 WIB

Anggota Komisi IV DPR Beri Catatan ke Pemerintah soal Penanganan Karhutla

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Anggota Komisi IV DPR Beri Catatan ke Pemerintah soal Penanganan Karhutla Karhutla di Riau (Foto: FB Anggoro/Antara Foto)
Jakarta - Anggota DPR Komisi IV Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin, mengapresiasi pemerintah yang terjun langsung ke lokasi kebakaran hutan di Riau. Namun, Andi juga memberikan kritik kepada pemerintah terkait penanganan kebakaran hutan. Apa saja?

Pertama, dia menilai pemerintah lamban dan tidak belajar dari pengalaman kebakaran hutan pada 2015 lalu. Dia juga menyebut pemerintah lamban karena menghiraukan imbauan BMKG yang menyebut akan terjadi kemarau panjang di tahun ini. Seharunya, kata Andi, pemerintah cepat tanggap dengan adanya peringatan itu.

"Ini kan ada setiap 5 tahun lalu kan, dari 2015, (diperingatkan) bahwa terjadi el nino cuaca nggak bagus, dan musim kemarau panjang, harusnya ini kan jadi indikator bagi kesiapsiagaan daripada seluruh pemerintah. Inikan tidak dilakukan, setelah api membesar, baru semuanya bergerak," kata Andi kepada wartawan, Kamis (19/9/2019).



Kemudian, Andi mengatakan pencegahan kebakaran hutan yang dilakukan Kementerian LHK gagal. Hal ini disebkan karena buruknya kordinasi yang buruk antara pusat dengan daerah.

"Pesawat water bombing yang mengangkut air banyak, bisa membom spot-spot api, tapi setelah ada api membesar baru ada water bomb, ini agak menjadi terlambat," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com