detikNews
Kamis 19 September 2019, 04:35 WIB

Liga Champions Tak Terlewat, Subuh pun Tidak Telat

Lusiana Mustinda - detikNews
Liga Champions Tak Terlewat, Subuh pun Tidak Telat Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Jakarta -

Bagi penggemar sepak bola, empat pertandingan Liga Champions malam ini tentu tak akan dilewatkan. Musabab pertandingan akan berlangsung mulai tengah malam hingga jelang dini hari tentu akan melelahkan untuk yang menontonnya. Sebagai umat Islam, keasyikan menonton Liga Champions bukan jadi alasan untuk meninggalkan salat Subuh. Sebab salat Subuh memiliki banyak keutamaan.



Subuh merupakan salah satu waktu di mana Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan salat. Muslim laki-laki sebaiknya mengerjakan salat Subuh berjamaah di masjid. Allah memberikan beberapa keistimewaan bagi hambanya yang taat mengerjakan salat Subuh berjamaah di masjid.



Dikutip dalam buku Pejuang Subuh oleh @pejuangsubuh, berikut keistimewaan-keistimewaan dari salat subuh berjamaah:

1. Para pelaku salat subuh berjamaah mendapatkan garansi keselamatan Allah pada hari itu.

"Barang siapa yang menunaikan salat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. Salat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan salat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka." (HR. Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)



2. Salat subuh bisa jadi salah satu penyebab seseorang masuk surga.

"Barang siapa yang mengerjakan salat bardain (dua salat di waktu dingin) maka dia akan masuk surga. (HR. Bukhari No. 574 dan Muslim No. 635).

Mengenai dua salat di waktu dingin, para ulama memiliki dua pendapat dalam penafsirannya. Pendapat pertama mengatakan salat bardain adalah salat subuh dan ashar. Sedangkan pendapat kedua mengatakan subuh dan isya.



3. Salat subuh dapat menghindarkan kita dari siksa neraka.

"Tidaklah akan masuk neraka, orang yang menjalankan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan salat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar)." (HR. Muslim No. 634).

4. Para pelaku salat subuh mendapat persaksian malaikat

Di waktu subuh dan ashar, malaikat berkumpul untuk bergantian tugas. Dan kesaksian para malaikat ini tentu menjadi hal yang terbaik. Qodhi bin Iyadh berkata, hikmah para malaikat berkumpul di waktu salat subuh dan ashar karena itu termasuk bagian dari kelembutan dan pemuliaan Allah terhadap para hamba-Nya. Kesaksian para malaikat untuk mereka kelak akan menjadi kesaksian terbaik.

Allah berfirman:

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salah satubuh itu disaksikan (oleh malaikat) (QS. Al Isra': 78).

5. Salat subuh berjamaah pahalanya bagaikan salat sepanjang malam

"Barang siapa yang salat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang salat subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya." (HR. Muslim No. 656)

6. Salat subuh membuat seseorang dijauhkan dari sifat buruk

Ibnu Umar berkata, "Apabila kami kehilangan seseorang dalam salat subuh dan isya, kami berprasangka baik kepadanya."

7. Salat subuh adalah kunci pembuka rezeki terbaik

Jauh melebihi salat dhuha yang sering disebut sebagai salat pembuka rezeki. Ibnu Qayyim mengatakan bahwa salah satu penyebab sempitnya rezeki adalah tidur pada waktu pagi.

"Seusai salat fajar (subuh)janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki." (HR. Thabrani)


(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com