detikNews
Rabu 18 September 2019, 23:16 WIB

Salat Tahajud di Sela Nonton Liga Champions

Lusiana Mustinda - detikNews
Salat Tahajud di Sela Nonton Liga Champions Ilustrasi Foto: istock
Jakarta -

Matchday pertama Liga Champions di Grup A sampai D hari ini akan berlangsung di sepertiga malam terakhir waktu Indonesia atau bertepatan dengan waktu menunaikan ibadah salat tahajud. Club Brugge vs Galatasaray dan Olimpiakos vs Tottenham Hotspur main lebih dulu pada pukul 23.55 WIB. Selanjutnya laga Paris Saint-Germain vs Real Madrid dan Atletico Madrid Vs Juventus akan berlangsung Kamis dini hari.



Bagi Ketua Pemuda Dewan Masjid Indonesia (DMI) Arief Rosyid momen Liga Champions ini bisa dimanfaatkan untuk menunaikan salat malam tahajud dan witir. Sama seperti saat malam-malam terakhir bulan Ramadan di mana umat Islam dengan antusias melaksanakan salat malam dan iktikaf di masjid. Kesempatan ini menjadi lebih mudah karena bisa dibarengi dengan menunggu waktu sahur dan imsak.



"Nah kesempatan ini juga hadir tatkala Liga Champions atau pertandingan bola yang lain yang secara waktu tepat dilaksanakan di tengah malam. Jika kita mampu menambah manfaat dengan bangun malam selain menonton sepakbola tersebut, ditambahkan salat malam tahajud dan witir," kata Arief.



Menurut mantan Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini, salat tahajud adalah salah satu ibadah sunah istimewa. Bagi yang mengamalkannya akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Dikutip dalam buku berjudul Penuntun Mengerjakan Shalat Tahajud oleh Achmad Al-Firdaus, bangun tidur pada jam 02.00 hingga 04.30 WIB untuk mengerjakan salat tahajud sama artinya mengikuti kebiasaan orang-orang saleh.



Salat tahajud yang kita kerjakan di sepertiga malam yang terakhir bertepatan waktunya dengan turunnya Allah ke langit. Sehingga akan ada banyak keberkahan dan tentu diijabahnya doa-doa ketika kita rajin melakukan salat tahajud.

Dikutip dalam buku berjudul Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai AlQur'an & Hadits oleh Ust. Hamdi El-Natary, berikut ini sabda Rasulullah SAW tentang waktu utama melaksanakan salat tahajud:

"Waktu yang paling dekat antara Rab dengan hamba-Nya adalah pada separuh malam terakhir. Karenanya, jika kamu dapat menjadi salah satu orang yang menginat Allah, maka lakukanlah." HR. Tirmidzi dan Nasa'i dari Amr bin 'Abasah

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membiasakan salat tahajud. Karena dengan melakukan salat tahajud dapat menggambarkan wujud kecintaan dan takwa seorang hamba kepada pencipta-Nya yaitu Allah SWT.

Adapun keutamaan salat tahajud seperti tersebut dalam Alquran yang dilansir dalam buku The Miracle of Night Shalat Tahajjud oleh Ustadz Hasan Albany antara lain:

1. Allah SWT akan memberikan kedudukan yang terpuji baik di dunia atau di akhirat.

2. Orang-orang yang menjaga salat malam adalah orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT. Mereka akan memperoleh kebaikan, rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

3. Orang-orang yang melaksanakan salat tahajud akan dipuji oleh Allah SWT dan akan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang taat kepada-Nya.

4. Orang-orang yang melaksanakan salat tahajud adalah orang-orang shaleh yang akan mendapat pahala dari Allah SWT.

5. Salat tahajud juga bisa melatih kesabaran.

6. Salat tahajud melatih kekhusyukan dan kidmat dalam beribadah sehingga akan mempertebal keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

7. Salat tahajud merupakan sarana yang tepat untuk bermunajat kepada Allah SWT dan memohon ampunan kepada-Nya.


(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com