detikNews
2019/09/18 21:08:24 WIB

Round-Up

Geramnya Jokowi pada Istilah Antek Aseng-Asing

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 3
Geramnya Jokowi pada Istilah Antek Aseng-Asing Jokowi Buka Acara Forum Titik Temu (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Istilah 'antek asing-antek Aseng' yang berkali-kali muncul dalam berbagai kesempatan ternyata membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram. Begini ungkapannya.

Awalnya, Jokowi meminta masyarakat terbuka terhadap pihak yang ingin bekerja sama dengan Indonesia. Hal itu dia sampaikan dalam sambutannya di acara Forum Titik Temu 'Kerja Sama Multikultural untuk Persatuan dan Keadilan'. Dia menyinggung Uni Emirat Arab yang menjadi negara maju karena keterbukaan dan toleransi.

"Dalam satu dekade terakhir ini kita juga menyaksikan contoh yang baik dari kawasan Timur Tengah, yaitu yang saya lihat di Uni Emirat Arab. Menurut saya, salah satu kunci utamanya adalah keterbukaan dan toleransi," ujar Jokowi di Double Tree Hilton Hotel, Jalan Pegangsaan Timur, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).


Jokowi mengaku menyaksikan langsung bagaimana Uni Emirat Arab menjunjung tinggi toleransi dan keterbukaan terhadap bangsa asing. Bahkan, menurutnya, tahun ini Uni Emirat Arab tengah merayakan tahun toleransi.

"Tahun toleransi mereka berani mengundang talenta-talenta top dunia, ada yang jadi CEO dan tenaga ahli dan kemudian satu per satu digantikan oleh warga asli di Uni Emirat Arab," paparnya.

"Mengundang perguruan tinggi ternama dunia, termasuk rektor, termasuk dosen, dan juga guru-guru besar dari negara-negara lain," lanjutnya.

Jokowi Buka Acara Forum Titik Temu / Jokowi Buka Acara Forum Titik Temu (Rengga Sancaya/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com