detikNews
2019/09/18 18:36:12 WIB

Pembangunan Tanggul Kali Bekasi Ditargetkan Rampung Desember 2019

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pembangunan Tanggul Kali Bekasi Ditargetkan Rampung Desember 2019 Foto: Perbaikan tanggul di Kali Bekasi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Pembangunan tanggul Kali Bekasi di Jalan Express, Kemang Pratama, Kota Bekasi tengah dikebut. Tanggul yang sempat amblas itu ditargetkan rampung pada Desember 2019.

"Akhir tahun ini. Ini single year kontrak, akhir tahun ini harus selesai," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane (BBWSC) Bambang Hidayah di lokasi, Rabu (18/9/2019).

Tanggul Kali Bekasi sepanjang 60 meter di Kemang Pratama amblas pada tahun 2017. Kemudian, kerusakan tanggul itu diperbaiki pada tahun 2018. Namun, saat perbaikan, kerusakan tanggul merembet sepanjang 70 meter pada awal 2019.

BBWSCC menyebut robohnya tanggul itu disebabkan karena saluran drainase di bawah tanggul. Sehingga membuat kekokohan tanggul tidak stabil.

"Penyebabnya karena drainase buangan. Drainase buangan ini kalau nggak ditata akan membendung, kalau tidak mengalir ke sungai drainase buangan dari rumah tangga ini itu kalau terbendung akan jadi olakan di sekitar tanggul. Kalau udah gitu kan mengganggu stabilitas tanah tanggulnya. Bisa jadi longsor. Akibatnya turapnya miring, ya rebah," ujar Bambang.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com