detikNews
2019/09/18 17:40:26 WIB

Jadi Tersangka di KPK, Ini Pengakuan Imam Nahrawi Kala di Persidangan

Dhani Irawan - detikNews
Halaman 1 dari 4
Jadi Tersangka di KPK, Ini Pengakuan Imam Nahrawi Kala di Persidangan Menpora Imam Nahrawi (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Satu lagi menteri Kabinet Kerja dalam pemerintahan Jokowi dijerat sebagai tersangka KPK. Adalah Menpora Imam Nahrawi yang menjadi tersangka anyar itu.

Imam diduga KPK menerima uang melalui asisten pribadinya bernama Miftahul Ulum sedari menduduki jabatan sebagai menteri. Uang-uang yang diterima Imam diduga terkait berbagai hal, tetapi yang paling utama yang disampaikan KPK yaitu terkait pengajuan proposal dana hibah KONI dari Kemenpora.

"Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak lain yang terkait," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).




Kasus ini merupakan pengembangan kasus dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK. Pada kasus awal KPK menjerat 5 orang tersangka yaitu Ending Fuad Hamidy, Johnny E Awuy, Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyanto.

Ending dijerat dalam jabatannya sebagai Sekjen KONI, sedangkan Johnny sebagai Bendahara Umum KONI. Baik Ending maupun Johnny telah divonis bersalah dalam pengadilan dengan hukuman 2 tahun 8 bulan penjara bagi Ending dan 1 tahun 8 bulan penjara bagi Johnny. Sedangkan 3 orang lainnya yaitu Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyanto masih menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Imam pun pernah duduk sebagai saksi dalam persidangan tersebut. Dari catatan detikcom, Imam pernah bersaksi pada Kamis, 4 Juli 2019 untuk terdakwa Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyanto.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com