detikNews
2019/09/18 16:18:33 WIB

BPPT Coba Bikin Hujan Buatan, tapi Masih Terhalang Asap Pekat Karhutla

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Halaman 1 dari 2
BPPT Coba Bikin Hujan Buatan, tapi Masih Terhalang Asap Pekat Karhutla Kepala BPPT Hammam Riza (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mencoba membuat hujan buatan untuk memadamkan karhutla di Riau. Namun upaya itu masih terhalang asap pekat.

"Saya baru kirim pesan ke Pak Presiden, tapi saya sampaikan melalui Menteri Sekretaris Presiden. Melaporkan bahwa awan-awan yang di Riau kemarin itu masih belum mampu tumbuh walaupun dalam potensi awan hujan itu sudah kelihatan warnanya, warnanya berubah menjadi hijau," kata Kepala BPPT Hammam Riza di gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Jalan Komplek Puspitek, Serpong, Tangerang, Rabu (18/9/2019).

"Artinya, dia menuju kelembapan sekitar 70 persen, tapi itu hanya di Dumai dan Rokan Hilir. Tetapi, walaupun belum mampu itu, dan asap itu masih pekat di permukaan tanah itu sampai level ketinggian 8.000 kaki. Beberapa spot awan di Riau masih belum mampu menjadi hujan yang sampai ke tanah," sebut dia.


BPPT juga mengaku telah melakukan penyemaian awan di wilayah Kalimantan Tengah. Beda dengan di Riau, Riza mengatakan penyemaian tersebut menghasilkan hujan tapi sangat minim untuk memadamkan api karhutla.

"Ini sementara kemarin kami juga sudah melakukan penyemaian awan di Kalimantan Tengah sebenarnya. Nah, kondisinya di Kalteng ini hampir sama dengan Riau, namun Kalteng itu sudah menghasilkan hujan rintik-rintik, termasuk sekitar bandara Kalimantan Tengah kan, yang cukup pekat asapnya. Tapi tentu saja ini belum signifikan," jelas dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com