detikNews
2019/09/18 15:05:25 WIB

RUU KPK Disahkan, Dosen Paramadina Anggap Jokowi Gali Kubur Sendiri

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
RUU KPK Disahkan, Dosen Paramadina Anggap Jokowi Gali Kubur Sendiri Achmad Khoirul Umam (Berkemeja Biru) (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - DPR telah mengesahkan revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK dalam rapat paripurna yang juga disetujui pemerintah. Ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa dia tak punya beban di periode kedua, ternyata ditunjukkan dengan berani menyetujui merevisi UU KPK.

"Kemarin Pak Jokowi sudah mengatakan di periode dua ini saya tidak memiliki beban, dan ternyata fakta beban yang dimaksud itu ditunjukkan dengan memiliki keberanian yang surplus untuk melakukan perubahan terhadap UU KPK," ujar dosen Antikorupsi Paramidana Managing Director, Achmad Khoirul Umam, dalam diskusi 'Membaca Strategi Pelemahan KPK: Siapa yang Bermain?' di ITS Tower, Jl Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).


Achmad mengatakan Jokowi saat ini sedang menggali kuburnya sendiri. Perubahan UU KPK pun dinilainya memiliki dampak domino.

"Saat ini adalah presiden Jokowi sedang menggali kuburnya sendiri," ucapnya.

"Implikasinya sangat fatal, mungkin sebagian mengatakan hanya beberapa variabel. Tetapi memiliki dampak domino di sana," sambung Achmad.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com