detikNews
Rabu 18 September 2019, 14:49 WIB

BNN: 90% Narkoba Dikendalikan di Lapas, Paling Banyak di Tanjung Gusta

Bahtiar Rifa'i - detikNews
BNN: 90% Narkoba Dikendalikan di Lapas, Paling Banyak di Tanjung Gusta Kepala BNN Komjen Heru Winarko Foto: Bahtiar/detikcom
Serang - Kepala BNN Komjen Heru Winarko mengatakan mayoritas narkoba atau 80-90% masih dikendalikan dari lembaga pemasyarakatan. Ia menyebut beberapa lapas yang dinilai marak seperti Tanjung Gusta Medan, Cirebon dan lapas Tangerang di Banten.

"80-90 Persen masih banyak dikendalikan di sana, di lapas mereka lebih nyaman, lebih leluasa operasi dan transaksinya di sana," kata Heru usai melakukan penandatanganan kerja sama pemberantasan narkoba bersama Pemprov Banten di Serang, Rabu (18/9/2019).

Akibat indikasi ini, beberapa waktu lalu banyak napi dari Medan yang kemudian dipindahkan ke Nusakambangan. Di sana, mereka ditempatkan di ruangan dengan pengamanan maksimal khusus para bandar.


"Ini yang kita fokuskan untuk para bandar," ujarnya.

Masalah ini muncul katanya karena adanya pengaruh saat petugas lapas melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para narapinda. Selain itu, kurangnya sipir menjadikan peredaran narkoba dari lapas semakin marak.

"Saya ajak supaya pemerintah menambah sipir dari 12 ribu ditambah sekarang 12 ribu lagi jadi 24 ribu sehingga kurangnya sipir bisa diminimalisir," katanya.


Menurut dia, Banten dijadikan lintasan dan transit peredaran narkoba. Di daerah ini juga pernah ditangkap pengedar narkoba dalam jumlah besar. Apalagi 80% pengedar banyak menggunakan lalu lintas lautan.

"Tidak menutup kemungkinan Banten bisa jadi entry narkoba," tegasnya.
(bri/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com