detikNews
Rabu 18 September 2019, 14:08 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Cerita di Gerbang Masuk Pelabuhan Penajam

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Cerita di Gerbang Masuk Pelabuhan Penajam Gerbang Pelabuhan Penajam Paser Utara (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Penajam Paser Utara - Tim Jelajah Ibu Kota detikcom akhirnya tiba di Pelabuhan Penajam pukul 10.59 Wita, Senin (9/9/2019). Untuk mencapai titik ini, kami harus menempuh perjalanan 15 menit menyeberangi Teluk Balikpapan dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, menggunakan speedboat milik Pemkab Penajam Paser Utara (PPU).

Namun lain ceritanya jika naik kapal feri. Perjalanan menyeberangi Teluk Balikpapan bisa memakan waktu hingga satu jam. Waktu tempuh ini belum termasuk waktu kapal feri saat ngetem menunggu penumpang. Ongkos kapal feri seharga Rp 13.000. Sedangkan untuk menyewa speedboat dengan daya muat 9 orang, harganya Rp 150.000-200.000.

Cerita di Gerbang Masuk Pelabuhan PenajamDaftar tarif feri di Pelabuhan Penajam. (Ardan Adhi Chandra/detikcom)

Ketika menginjakkan kaki di pelabuhan, kami melihat beberapa aktivitas mobilitas masyarakat. Dari mereka yang menggunakan kendaraan roda dua sampai roda empat. Kami juga melihat beberapa orang tampak sedang mengangkut barang-barang bawaannya.

Kami sendiri sempat ditawari jasa penyewaan mobil oleh beberapa orang. Tapi kami beruntung karena tak harus menyewa mobil. Kami mendapatkan bantuan tumpangan dari Bupati Penajam Paser Utara.

Sesekali kami juga mendengar orang berteriak 'Ibu Kota Baru!'. Mereka sepertinya tahu bahwa kami adalah pendatang yang ingin mengunjungi PPU yang telah diputuskan Presiden Jokowi sebagai ibu kota baru RI pada 26 Agustus 2019.

Kami sudah masuk mobil putih. Mobil melaju. Ada dua gapura yang menyambut kami. Gapura pertama bertulisan 'Selamat Jalan, Semoga Selamat Sampai Tujuan'. Gapura kedua bertulisan 'ASDP Indonesia ferry, Pelabuhan Penyebrangan Penajam'.

Mobil bergerak keluar meninggalkan pelabuhan. Kami merasa terberkati karena bisa masuk ke kabupaten yang bakal jadi ibu kota baru RI ini.

Simak laporan Jelajah Ibu Kota Baru, hanya di detikcom.


Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com