detikNews
Rabu 18 September 2019, 14:03 WIB

Ternyata! Anggota DPRD DKI Juga 'Gadaikan' SK Demi Kredit

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ternyata! Anggota DPRD DKI Juga Gadaikan SK Demi Kredit Paripurna DPRD DKI (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Fenomena anggota DPRD 'menggadaikan' surat keputusan demi kredit ternyata juga terjadi di DKI Jakarta. Para anggota dewan menjaminkan SK-nya untuk meminjam uang di Bank DKI.

"Sudah ada beberapa anggota dewan mengajukan dan telah menerima fasilitas kredit multiguna di bank DKI," kata Corporate Secretary Bank DKI Herry Djufraini kepada wartawan, Rabu (18/9/2019).



Meski demikian, Herry enggan menyebut istilah gadai. Dia mengatakan Bank DKI memberi fasilitas berupa kredit.

"Mungkin bahasa mengadaikan diganti dengan fasilitas kredit. Karena bank DKI bukannya pegadaian. Fasilitas tersebut diberikan terkait dengan program kredit multiguna. Karena gaji atau payroll-nya dibayarkan melalui Bank DKI," tuturnya.



Herry enggan mengungkapkan jumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang menjaminkan SK-nya. Dia menyebut hal itu sebagai rahasia nasabah.

"Untuk yang ini adalah bagian yang harus kami lindungi terkait dengan kerahasian nasabah," sebutnya.



Sebelumnya diketahui, muncul fenomena dari para anggota dewan, menggadaikan Surat Keputusan (SK) untuk mendapat dana dari bank. Kejadian ini tak hanya muncul di satu daerah saja, melainkan di DPRD yang berlainan daerah.

Berbagai alasan pun diutarakan para anggota dewan ini, mulai dari untuk membeli rumah, renovasi rumah hingga melunasi hutang kampanye. Bahkan, ada beberapa anggota DPRD yang menilai fenomena itu wajar. Karena kebutuhan biaya politik saat ini sangat mahal. Bahkan persaingan antar caleg cenderung brutal.

"Fenomena itu wajar. Karena dalam sistem Pemilu yang sekarang diterapkan, yang cenderung liberal dan individualistik, kebutuhan biaya politik sangat tinggi. Bahkan, beberapa caleg menyebut, persaingan antar-caleg pada Pemilu 2019 cenderung brutal," kata Ketua DPRD Sementara Surabaya Adi Sutarwijono.
(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com