detikNews
2019/09/18 13:26:54 WIB

Asap Karhutla Masih Pekat, Kemensos Siapkan 17 Safe House di Riau

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Halaman 1 dari 2
Asap Karhutla Masih Pekat, Kemensos Siapkan 17 Safe House di Riau Mensos Agus Gumiwang (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial menyiapkan 17 safe house untuk masyarakat yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Safe house tersebut dilengkapi sejumlah fasilitas berupa tempat tidur hingga tenaga medis.

"Kami Kementerian Sosial menyiapkan safe house. Khusus di Riau, safe house ini kami siapkan sekitar 16 sampai 17 safe house yang di dalamnya tentunya ada oksigen, air purifier, juga kita siapkan tempat tidur-tempat tidur, tenaga medis, sehingga kita rujuk, apakah yang bersangkutan ketika datang ke safe houses kami ini sudah terindikasi ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Kalau sudah terindikasi, maka kami rujuk ke rumah sakit," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang di gedung Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).



Agus menjelaskan safe house di Riau ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak terkena ISPA. Sedangkan masyarakat yang terserang ISPA akan dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu, kata Agus, Kemensos menyediakan safe house di beberapa daerah lain. Penyediaan safe house ini diharapkan dapat membuat masyarakat lebih nyaman.

"Ada tapi nanti datanya nanti tolong di minta ke pak dirjen. Tapi idenya, peran dari Kementerian Sosial itu dalam konteks karhutla itu menyediakan safe house bagi warga-warga yang belum terjangkit dan belum terkena ISPA yang mereka tidak nyaman tinggal di rumah masing-masing karena asap, pengap, akan disiapkan secara terbuka safe house untuk mereka bisa datang, istirahat, bisa tidur karena kami juga siapkan makanan, tempat tidur, selain yang tadi saya sampaikan oksigen dan air purifier," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com