detikNews
Rabu 18 September 2019, 13:26 WIB

'Flying Fox Motor' di Rohul Riau yang Viral Sudah Ada Selama 20 Tahun

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Flying Fox Motor di Rohul Riau yang Viral Sudah Ada Selama 20 Tahun 'Flying fox motor' di Rokan Hulu, Riau. (Screenshot video viral)
Rokan Hulu - Video viral yang memperlihatkan remaja menyeberangi sungai dengan motor bagai 'flying fox' terjadi di Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Kondisi ini sudah terjadi selama 20 tahun.

"Kondisi seperti itu sudah berlangsung selama 20 tahun. Warga setempat menyeberang dengan kawat sling yang mereka buat sendiri," kata Camat Tambusai Muamer Ghadafi dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (18/9/2019).



Dia menyebut ada petugas yang bekerja swadaya di titik penyeberangan 'flying fox motor'. Petugas dari warga desa inilah yang akan memandu warga untuk menyeberang.

"Kalau mau menyeberang dari kawasan perkebunan sawit ke desa, posisinya landai, tinggal meluncur. Tapi kalau sebaliknya, nanti yang akan menyeberang akan ditarik dengan motor oleh petugas yang ada," jelasnya.

Menurut Muamer, tempat penyeberangan ini sengaja dibuat warga untuk memangkas jarak tempuh ke desa. Berdasarkan pengakuan warga, belum pernah ada kecelakaan atau warga yang terluka selama menyeberangi sungai dengan tali sling ini.

Lalu, apakah tidak ada jembatan di desa tersebut?



Muamer mengatakan jembatan sebenarnya ada, tapi jaraknya 15-20 km. Jauhnya jarak tersebut membuat warga berinisiatif membangun secara swadaya jembatan sling tersebut.

"Bukan Pemkab Rohul tak mau membangunkan jembatan di lokasi itu, namun karena tidak mendapatkan izin pelepasan kawasan hutan," kata Muamer.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com