detikNews
Rabu 18 September 2019, 12:01 WIB

Ketua DPRD Kritik Rencana Pemprov Sulsel Beli Helikopter

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Ketua DPRD Kritik Rencana Pemprov Sulsel Beli Helikopter Gedung DPRD Sulsel (Taufiq/detikcom)
Makassar - DPRD Sulsel mengkritik rencana Pemprov Sulsel membeli helikopter pada 2020. Pemprov diminta membuat skala prioritas program terkait masyarakat.

"Apa memang sudah begitu mendesak? Apakah itu menjadi prioritas begitu. Apakah itu menjadi lebih penting, misalnya prioritas lainnya, seperti bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Ketua DPRD Sulsel Muhammad Roem kepada wartawan, Rabu (18/9/2019).

Roem mengatakan, pada 2018, Pemprov Sulsel pernah mengusulkan pengadaan helikopter untuk Gubernur Nurdin Abdullah. Namun saat itu pihak DPRD tidak meloloskan usulan tersebut.




"Dulu kan sudah ada pembahasannya dan ada alasan-alasan kenapa ditolak jadi di Banggar itu. Saya tidak tahu apakah Banggar sudah membahas itu, menurut saya belum sampai ke situ ya. Tentu Pemda kalau mau mengajukan lagi, tentu apa alasannya. Nanti teman teman di Banggar akan mempelajari," terangnya.

Rencana pembelian helikopter, kata Roem, harus melihat urgensi terhadap kepentingan masyarakat. Apalagi saat ini Sulsel sedang dilanda kekeringan panjang.

"Semua tentu urgen, tapi ada yang menjadi paling urgen. Kalau ada lima yang urgen, cari mana yang paling urgen, karena kita punya kemampuan terbatas," ujarnya.

Roem lantas mencontohkan era Syahrul Yasin Limpo. Saat itu, Syahrul sempat beberapa kali menggunakan helikopter ke daerah. Namun helikopter itu milik rekanan Pemprov Sulsel atau yang disewa.

"Untuk sementara mungkin ada yang punya seperti kodam dan polisi. Jadi bukan tidak ada yang bisa dipakai. Jadi bisa dilarikan ke kepentingan yang lebih mendesak," tegasnya.

Bila pun Pemprov tetap berkukuh membeli helikopter untuk bencana, harus ada spesifikasi khusus.

"Kalau penanggulangan bencana ya jangan heli-helian. Dia harus bisa mengangkut barang dan drop barang," katanya.
(fiq/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com