detikNews
Rabu 18 September 2019, 11:31 WIB

Pekanbaru Dikepung Asap, Wali Kota Masih Kunker di Kanada

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pekanbaru Dikepung Asap, Wali Kota Masih Kunker di Kanada Ilustrasi Asap di Kota Pekanbaru (Foto: Antara Foto/FB Anggoro)
Pekanbaru - Warga Pekanbaru, Riau, mengalami sesak napas karena dikepung kabut asap. Wali Kota Pekanbaru Firdaus justru berpergian ke Kanada memenuhi undangan kementerian.

Firdaus meninggalkan Pekanbaru sejak Senin (16/9) saat puncak asap mengepung yang membuat kualitas udara berbahaya. Hingga hari ini, Walkot Pekanbaru masih berada di Kanada.

"Wali Kota Pekanbaru akan pulang sesuai jadwal yang ada 21 September. Keberangkatannya untuk memenuhi undangan Kementerian ESDM," kata pejabat Humas Pemkot Pekanbaru, Irba Sulaiman, saat dimintai konfirmasi, Rabu (18/9/2019).




Irba mengatakan keberangkatan Walkot Pekanbaru ke Kanada untuk menjalin bisnis penyedia teknologi, pengembangan, dan kontraktor proyek pengelolaan sampah.

"Rencana keberangkatan ini sudah diagendakan sejak Agustus lalu. Pertimbangan mengapa berangkat, karena saat Wali Kota mau meninggalkan Pekanbaru kualitas udara menurun signifikan. Jadi waktu mau berangkat, kondisi kualitas udara belum seperti sekarang," kata Irba.

Selain itu, Irba menegaskan kunker ke Kanada sudah sesuai dengan prosedur. Walkot Pekanbaru mendapatkan izin dari Gubernur Riau Syamsuar dan Mendagri.

"Keberangkatannya sudah menempuh prosedur yang ada," katanya.

Soal kritik masyarakat mengenai Wali Kota yang berpergian ke luar negeri di saat kabut asap mengepung Pekanbaru, Irba menyebutnya sebagai hal yang wajar.

"Kita ini sudah membuat posko korban asap dengan melibatkan semua puskesmas. Setiap warga korban asap berobat, kita gratiskan," kata Irba membantah anggapan Walkot Pekanbaru tak peduli terhadap korban asap.
(cha/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com