detikNews
2019/09/18 11:15:45 WIB

PSI Desak Pelaku Karhutla Dihukum Berat: Bukan Cuma Didenda, tapi Dipenjara!

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
PSI Desak Pelaku Karhutla Dihukum Berat: Bukan Cuma Didenda, tapi Dipenjara! Jubir PSI Mikhail Gorbachec Dom. (dok istimewa)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendesak pemerintah tegas menghukum para pelaku penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tengah melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan. PSI menilai sanksi denda saja tak cukup.

"Penyebab terjadinya kebakaran, pendukung pendanaannya, dan penadahnya harus ditangkap dan dihukum berat. Bukan cuma dengan didenda, tapi dipenjara," ungkap juru bicara PSI bidang Lingkungan Hidup, Mikhail Gorbachec Dom, dalam keterangan tertulis DPP PSI, Rabu (18/9/2019).

Pria yang akrab disapa Gorba ini menyebut penegakan hukum haruslah adil. PSI meminta tak ada tebang pilih dalam penanganan kasus karhutla yang merugikan masyarakat.


"Penegakan hukum ini bukan hanya kepada masyarakat kecil, tapi juga kepada korporasi bila terbukti bersalah," tutur Gorba.

Tak hanya itu, dia juga meminta eksekusi putusan terkait denda yang sudah dijatuhkan oleh pengadilan kepada pihak yang bersalah dalam kasus-kasus karhutla harus dieksekusi segera. Hal ini, kata Gorba, juga berlaku untuk kasus-kasus karhutla lama.

"Eksekusi putusan denda ini penting untuk memberikan sumberdaya tambahan kepada pemerintah dalam merestorasi wilayah terbakar dan mencegah kebakaran sebelum terjadi," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com