detikNews
Rabu 18 September 2019, 07:50 WIB

Bantu Jokowi Cari Menteri

Guru Besar-Politikus, Siapa Kandidat Mensesneg yang Tepat untuk Jokowi?

Tim detikcom - detikNews
Guru Besar-Politikus, Siapa Kandidat Mensesneg yang Tepat untuk Jokowi? Foto: Presiden Jokowi (Dok. BPMI)
Jakarta - Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), perlu dibantu sosok menteri yang cekatan dan mumpuni, salah satunya adalah Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg). Siapa yang menurut Detikers tepat?

Ada enam kandidat kuat Mensesneg yang berasal dari ratusan nama usulan Detikers lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Nama-nama itu kemudian ditelaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD) dan redaksi detikcom kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.



Kini, Detikers kembali punya peran lewat polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari 'Bantu Jokowi Cari Menteri'

Polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' untuk Mensesneg dapat diakses di sini. Detikers juga bisa memilih kandidat untuk posisi menteri lainnya.

Siapa saja enam kandidat Mensesneg di 'Bantu Jokowi Cari Menteri'?

Ini nama-nama dan profil singkatnya

Pramono Anung

Pramono Anung adalah politikus PDIP yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet di Kabinet Kerja Jokowi. Dia merupakan Wakil Ketua DPR periode 2009-2014 yang juga pernah menduduki posisi sebagai Sekjen PDIP.

Pramono Anung / Pramono Anung / Foto: dok. Setkab


Moeldoko

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko adalah mantan Panglima TNI yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Lulusan Akabri 1981 ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pada tahun 2013, Moeldoko meraih gelar doktor Program Pascasarjana Ilmu Administrasi FISIP UI.

Moeldoko / Moeldoko / Foto: Andhika Prasetia-detikcom


Heru Budi Hartono

Heru Budi Hartono saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Sebelumnya, Heru lama berkarir di Pemprov DKI Jakarta. Dia pernah ditunjuk Jokowi menjadi Wali Kota Jakarta Utara hingga kemudian menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI.

Heru Budi Hartono / Heru Budi Hartono / Foto: Grandyos Zafna


Saldi Isra

Profesor Saldi Isra adalah seorang guru besar yang kini merupakan hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Sebelumnya, dia juga sempat dipercaya sebagai Ketua Pansel anggota KPU dan juga menjadi anggota Pansel Penasihat KPK.

Saldi Isra / Saldi Isra / Foto: Ari Saputra


Johan Budi

Johan Budi Sapto Pribowo merupakan anggota DPR terpilih dari Fraksi PDIP. Pria yang pernah berkarir sebagai wartawan ini mulai dikenal ketika menjabat sebagai Juru Bicara KPK. Di lembaga tersebut, Johan Budi juga pernah menjadi Plt Pimpinan KPK pada 2015. Johan Budi sempat ditunjuk untuk Staf Khusus Presiden Joko Widodo bidang Komunikasi. Kini, dia telah mengundurkan diri.

Johan Budi / Johan Budi / Foto: Rengga Sancaya


Taufik Basari

Taufik Basari adalah advokat yang kini merupakan politikus NasDem. Dia juga pernah aktif di LBH Jakarta. Selain itu, Taufik Basari juga pernah kerap menangani perkara di Mahkamah Konstitusi.

Taufik Basari / Taufik Basari / Foto: Ari Saputra


Menurut Detikers, siapa yang tepat menjadi Mensesneg di periode kedua Jokowi? Isi polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' di sini detik ini juga!
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com